5 Ide Bisnis Dengan Modal Minim Yang Cocok Untuk Pelajar

Usia muda merupakan saat paling produktif dalam kehidupan seseorang. Biasanya terjadi pada usia 17-25 tahun, atau sering kita sebut remaja. Pada rentang usia tersebut umumnya seseorang masih berprofesi sebagai pelajar. Baik di tingkat SLTA, maupun dibangku kuliah.
Karena itu, mulai melakukan bisnis pada usia tersebut merupakan pilihan yang tepat. Selain menjadi penghasilan tambahan, berbisnis sejak masih berstatus pelajar juga akan melatih mental dan kemampuan di masa mendatang.

Manfaat lain dari berbisnis saat masih sekolah adalah membantu meringankan pengeluaran orang tua, sekaligus mendidik kita agar lebih mandiri, dan melatih manajemen keuangan pribadi.

Namun, masalah utama dari memulai bisnis pada usia remaja adalah 'modal'. Ya, hampir semua bisnis memerlukan modal awal, terlepas dari jumlahnya yang besar atau kecil.

Pada usia tersebut, biasanya seseorang belum memiliki modal yang cukup. Selain itu, waktu juga menjadi hambatan utama. Kita harus bisa mengatur waktu untuk berbisnis dan sekolah.

Untuk menjawab hal itu, berikut saya bagikan rekomendasi Ide Bisnis Dengan Modal Minim Yang Cocok Untuk Pelajar dan gampang dikelola.

1. Jualan Pulsa dan PPOB

Saat ini, smartphone adalah bagian penting dari kehidupan manusia. Kebutuhan terhadap smartphone yang semakin meningkat, membuat penjualan pulsa dan paket data (internet) juga meningkat. Karena itu, berjualan pulsa dapat menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Modal untuk jualan pulsa juga tidak terlalu besar, menginvestasikan Rp. 100,000 juga sudah cukup.

Hal ini dipermudah dengan hadirnya beberapa aplikasi untuk berjualan pulsa di android. Anda cukup deposito sejumlah saldo ke aplikasi/website tersebut, dan sudah bisa mulai berjualan pulsa. Selain itu, biasanya di aplikasi tersebut sudah tersedia fitur lain seperti beli token listrik, bayar tagihan listrik, bayar tagihan PDAM, voucher game, dan pilihan lainya.

Yang terpenting, jualan pulsa adalah bisnis yang bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Jadi, sangay cocok untuk pelajar atau mahasiswa.

2. Membuat Blog atau Channel YouTube

Blog dan Channel Youtube merupakan tempat bagi seseorang menunjukan karyanya. Bedanya, blog didominasi karya yang berbentuk gambar dan tulisan, sedangkan channel Youtube berisi konten berupa video.

Kedua media tersebut sama-sama bisa dimonetisasi dan menghasilkan uang. Sudah banyak blogger dan youtuber yang sukses, bahkan menjadikan blog dan youtube sebagai pekerjaan utama.

Bagaimana blog dan youtube bisa menghasilkan uang? Caranya, dengan memasang iklan pada blog atau channel youtube masing-masing. Sebut saja Google Adsense, sebagai salah satu jaringan iklan terbesar saat ini.

Yang perlu diingat, mengelola blog atau channel youtube bukan perkara mudah, butuh proses dan tidak bisa menghasilkan uang secara instan.

3. Jadi Reseller atau Dropshiper

Reseller merupakan sebutan bagi seseorang yang menjual kembali barang dari orang lain. Sedangkan dropshiper, adalah orang yang menjual kembali produk, tetapi tidak melakukan stock (menyimpan) produk tersebut.

Singkatnya, jika ingin menjadi reseller kita harus mempunyai modal untuk membeli barang. Namun jika ingin menjadi dropshiper, kita hanya perlu melakukan promosi terhadap barang yang dijual. Untuk masalah stock barang dan pengiriman, dilakukan oleh penjual terkait.

Keuntungan dari menjadi reseller cukup besar dibanding menjadi dropshiper. Karena, kita bebas menentukan harga jual yang diinginkan. Namun, modal yang dikeluarkan dropshiper lebih sedikit dibanding reseller, atau bahkan tanpa modal sama sekali. Karena, tugas dropshiper hanya mempromosikan barang dan mendapat komisi setiap terjadi penjualan.

4. Membuka Jasa Les Private

Saat anda berada di tingkatan SLTA atau bangku kuliah, tentu sudah banyak ilmu yang dipelajari. Karena itu, mengapa tidak mencoba bisnis les private? Selain berbagi ilmu dan pengetahuan, kita juga bisa mendapat penghasilan tambahan.
Anda bisa membuka jasa les private matematika, bahasa, atau dasar-dasar komputer. Targetnya bisa anak sekolah dasar, atau sekolah menengah pertama di sekitar rumah anda.

5. Jadi Freelancer

Freelancer atau pekerja lepas, merupakan sebutan bagi seseorang yang bekerja tanpa terikat kontrak jangka panjang, antara pekerja dan client. Artinya, dia bekerja hanya saat diminta/dibutuhkan.

Menjadi freelancer sangat cocok untuk pelajar karena bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Pekerjaan freelance yang populer saat ini seperti jasa desain logo/kaos, jasa penulis artikel, jasa editing video, dan lain-lain.

Sudah siap untuk berbisnis? Ayo mulai dari sekarang karena masa depan sudah menunggu anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel