Apa Itu Google Adsense? Penjelasan Dan Cara Kerja Google Adsense!

Mungkin anda pernah berpikir, bagaimana sebuah blog bisa menghasilkan uang? Atau bagaimana cara sebuah website mendapat penghasilan? Salah satu caranya adalah dengan memasang iklan. Dan, salah satu jaringan periklanan (ads network) terpopuler saat ini adalah Google Adsense.
Adsense atau Google Adsense sendiri adalah ads network yang cukup populer dan digunakan banyak orang. Mulai dari blogger kecil-kecilan, hingga situs besar seperti Jalantikus, Hipwee, Idntimes, dan situs lain.

Sesuai namanya, Google Adsense merupakan jaringan iklan yang berada dibawah pimpinan Google Inc. Yang menjadikan adsense dipilih banyak orang adalah komisi atau bayaran yang ditawarkan cukup menggiurkan.

Apa Itu Adsense?

Dilansir dari Wikipedia.org, adsense adalah program kerjasama yang diselenggarakan Google melalui internet. Maksudnya, adsense menjadi semacam penghubung antara advertiser (pengiklan) dan publisher (penerbit).

Dengan Adsense, advertiser tidak perlu repot mencari penerbit untuk mengiklankan produknya. Begitupun dengan publisher, yang tidak perlu repot mencari pengiklan.

Setelah berhasil mendaftar di Google Adsense, publisher atau penerbit akan diberi kode tertentu untuk dipasang di website/blog. Kode tersebut berfungsi untuk menampilkan iklan.

Bagaimana Google Adsense Bekerja?

Setelah mengetahui apa itu Adsense, mungkin anda bertanya bagaimana cara kerja Google Adsense? Singkatnya, cara kerja Adsense cukup sederhana. Pertama, Advertiser (pengiklan) akan memasang iklan melalui Google Adsense.

Selanjutnya, Adsense akan mendistribusikan iklan tersebut pada publisher untuk ditampilkan di website/blog masing-masing.

Adsense menggunakan perhitungan PPC (Pay Per Click), artinya publisher akan dibayar sesuai dengan jumlah klik valid yang didapat. Pemasukan publisher sendiri ditentukan oleh CPC (Coast Per Click) yang diterapkan pengiklan.

Komisi yang didapat akan disimpan di akun Adsense penerbit, dan bisa dicairkan ketika sudah mencapai batas minimum yang ditentukan yakni USD $ 100 (Rp. 1,397,650).

Pembayaran dari Google Adsense akan dikirim langsung ke rekening publisher. Biasanya pembayaran dilakukan pada tanggal 21-26 setiap bulanya.

Adsense sendiri menawarkan berbagai tipe iklan yang bisa dipasang oleh para publisher.

1. Tipe Adsense for Content

Tipe iklan ini merupakan yang paling umum, Adsense for Content merupakan iklan yang dipasang di website/blog publisher.

2. Tipe Adsense for Video

Jika tipe iklan pertama untuk para blogger, maka tipe Adsense for Video diperuntukan bagi para YouTuber. Sesuai namanya, iklan ini dikhususkan untuk memonetisasi konten Video.
Jika anda bertanya darimana YouTuber mendapat penghasilan? Ini adalah jawabanya.

3. Tipe Adsense for Search

Sesuai namanya, tipe iklan ini akan membayar publisher untuk setiap pengunjung yang melakukan pencarian. Biasanya, tipe Adsense for Search akan menampilkan semacam kotak pencarian di website/blog publisher. Nantinya, jika ada pengunjung yang melakukan pencarian, maka publisher akan mendapat komisi.

4. Tipe Adsense for Mobile

Semakin banyaknya aktivitas di internet menggunakan telepon seluler, menjadikan Google membuat tipe iklan ini. Adsense for Mobile merupakan iklan yang dibuat khusus untuk perangkat mobile (handphone).

Istilah Seputar Adsense

Dalam dunia internet marketing, khususnya Adsense, ada beberapa istilah yang sering disebutkan. Untuk anda yang baru pertama kali belajar tentang Adsense, ada baiknya mengetahui beberapa istilah tersebut.

Advertiser (Pengiklan)

Pengiklan adalah lembaga atau perorangan yang ingin mempromosikan produknya. Advertiser paling populer saat ini seperti Marketplace, atau Startup tertentu.

Ads Network (Jaringan Iklan)

Merupakan penghubung antara pengiklan dan penerbit. Contoh ads network seperti Google Adsense, Ylix, Mgid, dll.

Publisher (Penerbit)

Bertugas mempromosikan atau menerbitkan iklan dari Advertiser. Biasanya penerbit adalah seorang YouTuber, atau Blogger.

Visitor (Pengunjung)

Adalah orang yang mengunjungi blog, website, atau channel YouTube kita. Visitor sendiri merupakan target dari iklan yang dipasang.

Demikian postingan kali ini, mohon maaf jika terdapat kesalahan. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel