Cara Mudah Membuat Bot Telegram

Cara Mudah Membuat Bot Telegram . Dengan semakin banyak orang tau tentang telegram, maka pengguna aplikasi ini juga semakin bertambah setiap hariya. Tahun 2018 yang lalu sempat dihebohkan dengan akan diblokirnya aplikasi telegram oleh pemerintah Indonesia. Ini justru menjadi aplikasi ini semakin populer atau lebih banyak orang mengetahuinya.

Bagi pengguna telegram yang baru mungkin belum paham benar dengan kegunaan aplikasi ini. Banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh pihak telegram yang bisa membantu kita dalam kegiatan seharian baik itu di grup, chanel dan secara pribadi.

Kerap kali penulis menemukan robot-robot telegram yang dibuat oleh pengguna telegram dalam membantu promosi bahkan transaksi mengenai bisnis yang mereka jalankan. Dengan kehadiran robot tersebut, mereka tidak lagi harus online 24 jam untuk berurusan dengan pelanggan mereka.

Inilah salah satu keuntungan dari aplikasi telegram. Kita yang mungkin sibuk dalam pekerjaan harian, bisa terwakilkan oleh robot tersebut. Boleh dikatakan robot yang dibuat bisa menjadi asisten bisnis yang kita jalankan.

Nah saking eksisnya telegram, banyak pengguna ingin mencoba sendiri membuat robot tapi mungkin mengalami kesulitan. Sobat tertarik juga membuat robot telegram? Tenang ya sobat, melalui artikel ini saya akan berbagi tutorial mengenai pembuatan robot telegram tersebut.

Ada 2 cara dalam membuat robot telegram, yaitu dengan coding dan tanpa coding. Sobat yang mengerti dengan bahasa programer bisa membuat bot telegram sesuai keinginan mereka.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial membuat bot telegram tanpa coding. Karena jujur penulis juga kesulitan jika menggunakan coding/bahasa programer. Berikut dibawah ini merupakan Cara Mudah Membuat Bot Telegram .

1. Sobat harus mempunyai aplikasi telegram terlebih dahulu. Jika belum punya, silahkan dowload di playstore dengan kata kunci TELEGRAM. Kemudian instal aplikasi tersebut dan daftarkan nomor telepon yang akan digunakan dalam akun telegram sobat.

2. Setelah terhubung dengan telegram, silahkan sobat cari @BotFather untuk mendaftarkan atau menciptakan bot telegram yang akan sobat buat nanti.
3. Daftarkan bot telegram sobat sesuai dengan petunjuk gambar berikut ini.
4. Nama bot sesuai dengan yang sobat inginkan.
5. Setelah berhasil mendaftarkan bot, maka hasilnya terlihat seperti gambar berikut ini.
6. Tahap selanjut sobat copy kode token yang didapat dari pembuatan bot tadi.
7. Kemudian cari bot @Manybot untuk paste kode token yang didapat dari @BotFather.
8. Seperti contoh pada gambar berikut

8. Setelah itu sobat bisa membuat menu atau melatih bot menjadi lebih pintar ketika ada orang melakukan interaksi dengannya pada costum command pada menu bot sobat.

9. selesai!!

Untuk pembuatan menu, saya akan bahas pada artikel berikutnya karena lumayan panjang juga. Begitulah sekilas pembuatan bot telegram yang mudah dan cepat. Semoga bisa bermanfaat bagu pengguna telegram yang baru.

Jika ada yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan, silahkan sobat bertanya dalam kolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel