Cara Membuat Menu Pada Bot Telegram

Menu pada bot telegram merupakan hal yang penting dan wajib dibuat oleh admin bot tersebut. Pada artikel sebelumnya saya sudah memberikan tutorial untuk membuat bot telegram dengan sangat mudah. Jika sobat belum membacanya, silahkan baca terlebih dahulu karena tutorial yang akan saya bagikan dalam artikel kali ini merupakan sambung dari artikel tersebut yaitu Cara Membuat Bot Telegram Dengan Mudah.
Setelah membuat bot telegram pada artikel sebelumnya, kali ini kita akan mencoba membuat menu dari bot yang dimaksud. Sebenarnya sangat mudah untuk membuat menu bot tersebut, tapi karena kurangnya pemahaman mengenai masalah ini maka sobat tidak bisa membuatnya.

Oke tanpa panjang lebar lagi, sesuai dengan judul artikel ini "Cara Membuat Menu Pada Bot Telegram". Berikut tutorial lengkapnya :

1. Silahkan sobat buka aplikasi telegram dan pergi ke bot yang dibuat sebelumnya. Maka tampilan menu bot seperti gambar dibawah.
2. Setelah itu sobat klik Custom Commands, kemudian klik Create Command.
3. Masukkan commands yang akan dibuat dengan awalan garis miring seperti contoh berikut.
4. Setelah itu sobat ketik pesan balasan dari commands /blog, kemudian klik menu Save.
5. Commands yang pertama sukses. Sekarang kita buat lagi satu commands lainnya yaitu /contact. Prosesnya sama dengan ketika membuat commands /blog.
6. Maka tahap selanjutnya kita akan membuat tampilan menu nya agar terlihat enak dipandang atau keren bagi pengguna bot tersebut.
7. Klik Config. Main Menu. Kemudian sobat klik +Add Menu Item+.
8. Setelah itu tambahkan secara bergantian commands yang dibuat tadi. Klik satu nya dulu, terserah /blog atau /contact.
9. Kemudian tambahkan icon yang menurut bagus untuk di lihat dan sesuai dengan nama menu tersebut.
10. Untuk commands yang kedua, lakukan cara sebelumnya seperti pada nomor 8 & 9.
11. Maka hasil akhir tampil menu bot telegram tersebut seperti gambar berikut.

Tampilan menu tersebut bisa disesuaikan dengan keinginan sobat. Silahkan berkreasi sendiri asalkan proses pembuatan menu, berdasarkan petunjuk yang ada diatas.

Itulah Cara Membuat Menu Pada Bot Telegram, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca. Jika ada yang tidak paham atau ingin bertanya, silahkan didalam kolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel