Cara Menjadi YouTuber (Dari Nol Sampai Sukses)

Sebelum ke pembahasan tentang cara menjadi youtuber, sebaiknya sobat paham benar terlebih dahulu apa sih yang dimaksud dengan youtuber? Youtuber adalah mereka yang mempunyai keahlian khusus dalam membuat konten video kreatif, kemudian mengupload ke channel youtube yang mereka miliki. Karena video tersebut menarik untuk ditonton, otomatis jumlah views/penonton makin meningkat setiap harinya. Apabila konten video tersebut bermanfaat untuk penonton, maka jumlah pengikut/subscribe channel juga akan meningkat pesat.
Jenis video yang diupload oleh youtuber berbeda-beda karena memang seharusnya begitu. Jika mengupload video milik orang lain yang sebelumnya sudah diupload maka akan terkena konten hak cipta. Hal ini sangat mempengaruh pada channel tersebut, dimana akan dianggap buruk oleh pihak youtube serta teman youtuber lainnya.

Bagaimana bisa menjadi youtuber? Berikut langkah-langkah yang benar untuk menjadi youtuber yang sukses baik dalam mendapatkan views dan subscribe maupun dalan segi keuntungan.

1. Membuat Channel

Harus mempunyai gmail terlebih dahulu jika sobat ingin mempunyai channel youtube. Kemudian mendaftar atau membuat akun gmail tadi tersebut dengan youtube. Setelah itu buatlah channel dengan nama sesuai dengan keinginan sobat.Usahakan membuat nama yang unik serta mudah diingat oleh penonton atau yang akan mengikuti channel tersebut.

2. Mendaftar Google AdSense

Kenapa langsung mendaftar adsense? Padahal hanya channel saja yang dibuat dan belum memiliki konten video. Pasti pemula akan bingung atau bertanya-tanya kenapa setelah membuat channel langsung didaftarkan ke adsense. Ya memang benar harus seperti demikian. Karena untuk mendapatkan penghasilan dari adsense, berbeda dengan yang dilakukan oleh seorang blogger.

Kalau sobat seorang blogger juga, pasti mengetahui bagaimana proses mendaftarkan situs/blog mereka ke adsense. Mereka akan terlebih dahulu membuat konten tulisan yang bermanfaat untuk pembaca. Tidak ada blogger yang mendaftar adsense dimana situs/blog mereka masih belum memiliki artikel dan tentunya tidak akan diterima sampai kapun situs/blog tersebut.

Tapi anehnya, youtube justru harus diakali dengan mendaftar terlebih dahulu karena ada persyaratan khusus, selain konten video original dan menarik, jumlah views dan subscribe juga harus memenuhi persayaratan sudah ditentukan oleh pihak adsense. Yang kita tahu bersama harus mempunyai jumlah 1.000 subscribe dan 4.000 jam tayang dalam waktu 12 bulan/ 1 tahun.

Jadi untuk mendapatkan jumlah jam tayang dan subscribe sebaiknya mendaftar di google adsense terlebih dahulu agar supaya setelah upload video, proses perhitungannya sudah mulai jalan juga.

3. Menentukan Konten Video

Tahap ini penting sekali, karena jika salah memilih konten maka channel tersebut tidak bakalan banyak views dan subscribe atau mempunyai banyak views dan subscribe tapi tidak mematuhi persyaratan serta kebijakan pihak adsense. Sebaiknya memilih konten yang belum ada atau masih sedikit youtuber yang membahasnya. Sehingga channel tersebut bisa sukses nantinya.

4. Membuat Video Berkualitas

Jangan asal upload video ke channel youtube. Usahakan video yang ada dalam channel memiliki kualitas yang baik. Jadi bahan dan alat pendukung untuk membuat video juga pengaruh pada hasil video yang dibuat. Misalnya untuk pengambilan atau rekaman video menggunakan handphone jelas berbeda dengan yang dihasilkan oleh camera digital. Bukan berarti semua handphone tidak bisa digunakan, tapi sebaiknya memilih handphone dengan kualitas camera yang lumayan bagus.

5. Menentukan Judul Video

Membuat judul menarik pada video yang diupload, bisa berpengaruh nantinya pada jumlah views. Kalimat yang dipakai sebaiknya tidak terlalu pendek, tapi tidak juga harus panjang. Gunakan judul sesuai dengan kata kunci yang paling banyak di cari oleh penikmat video youtube.

6. Membuat Thumbnail Menarik

Thumbnail adalah gambar atau foto tampilan pada video yang diupload dalam channel youtube. Semakin menarik dan bagus thumbnail yang dibuat maka peluang untuk mendapatkan views dan subscribe juga semakin tinggi. Karena kebanyakan penonton akan tertarik untuk menonton video tersebut karena tampilan awal yang menarik atau menggoda.

7. Mencari Tahu Dan Memahami Algoritma YouTube

Youtuber yang sukses pasti sering mencari tahu tentang algoritma youtube, karena setiap tahun berbeda. Apa sih algoritma youtube ini? Merupakan sistem komputer yang merekam prilaku penonton mulai dari video seperti apa paling banyak ditonton, berapa  lama ditonton, like, dislike serta komentar pada video tersebut. Dengan data tersebut pihak youtube bisa menentukan video sobat layak atau tidak untuk ditampilkan pada halaman pencarian. Jadi sebaik sobat mencari tahu tentang algoritma youtube setiap tahunnya, agar konten yang dibuat sesuai dengan minat dari sebagian besar pengguna youtube.

8. Berkolaborasi Dengan YouTuber

Alangkah baiknya jika bisa berkolaborasi dengan youtuber ternama. Maka dengan otomatis, channel sobat akan dipromosikan oleh youtuber ternama tersebut. Tapi apakah bisa kita berkolaborasi dengan mereka? Tentu bisa, asalkan sobat juga sudah
memilki jumlah views dan subscribe yang sudah lumayan banyak. Karena baik sobat maupun youtuber ternama tersebut akan mendapatkan keuntungan dari kolaborasi tersebut.

9. Membagikan Video YouTube

Manfaatkanlah media sosial untuk berbagi link video youtube. Jika ada yang tertarik, terhibur, dan merasa bermanfaat dengan konten video tersebut maka mereka akan setiap hari berkunjung dan menonton video di channel sobat.

10. Terima Kritik & Saran

Kritik dan saran dari sesama youtuber maupun pengikut akan sangat berguna untuk perkembangan channel. Jadi jangan keras kepala jika ada orang yang ingin mengkritik atau memberi saran. Sebaiknya menerima kritik dan saran tersebut. Disamping bermanfaat untuk perkembangan channel, sobat juga menjaga hubungan yang baik dengan mereka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel