Ide Bisnis Sampingan Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Saat anda menjadi seorang karyawan di sebuah instansi atau perusahaan, pastinya setiap bulan akan mendapatkan upah atau sering disebut gaji. Namun, pernahkah anda berfikir untuk memulai bisnis sampingan. Atau berfikir untuk menjadi pengusaha, dan mempunyai bisnis sendiri.
Mempunyai usaha sampingan sangat penting, terutama bagi para karyawan. Selain sebagai penghasilan tambahan disamping gaji pokok, bisnis sampingan juga bisa jadi investasi di masa depan.

Pekerjaan yang anda lakukan saat ini bukan tanpa resiko. Bisa saja terjadi hal-hal yang diluar dugaan seperti terkena PHK. Karena itu, memiliki bisnis sampingan sangat penting untuk dilakukan.

Manfaat lainya, dengan memiliki bisnis sampingan adalah melatih mental anda dalam mengelola penghasilan. Bisnis sampingan juga bisa menjadi alternatif penghasilan saat anda memasuki masa pensiun.

Untuk memulai bisnis sampingan, sebenarnya tidak terlalu sulit. Cobalah memulai dari hal sederhana di sekitar anda. Bagi anda yang ingin mencoba, berikut saya bagikan Ide Bisnis Sampingan Dengan Modal Kecil.

1. Jualan Foto

Tahukah anda, bahwa ada situs di Internet yang siap membayar untuk setiap foto yang kita upload. Bisnis ini masih tergolong jarang ditekuni, terutama di Indonesia.

Bisnis jualan foto di internet sangat cocok untuk anda yang memiliki hobi fotografi. Selain menyalurkan hobi, juga sebagai sumber penghasilan dan bisnis sampingan.

Anda bisa mendaftar di shutterstock, pixabay, atau situs fotografi lain. Setelah mendaftar, saatnya mencari gambar dan upload di situs tersebut.

Biasanya anda akan dibayar per download dari foto tersebut. Komisinya sendiri berkisar 20-30%. Bayaran akan dikirim melalui email Paypal.

Perlu diingat, bahwa foto yang diupload haruslah berkualitas baik, beresolusi tinggi, dan menunjukan objek secara jelas.

2. Buka Katering Sarapan

Dizaman serba cepat seperti sekarang, manusia cenderung malas melakukan hal-hal kecil. Salah satunya menyiapkan sarapan. Selain tuntutan mobilitas yang tinggi, manusia juga menginginkan sesuatu yang praktis. Maka dari itu, jasa katering khusus sarapan akan sangat diperlukan di masyarakat.

Dengan modal yang tidak terlalu besar, anda bisa mencoba bisnis sampingan dengan berjualan katering khusus sarapan. Cukup dengan menu sederhana seperti bubur ayam, roti bakar, nasi goreng, atau menu lain, anda sudah bisa mulai berbisnis. Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, anda bisa memanfaatkan media sosial dan layanan seperti Go Food.

3. Jasa Sewa Kamera

Daripada kamera digital anda berdebu dan tidak terpakai, lebih baik dijadikan ladang menghasilkan uang. Ya, saat ini bisnis sewa atau rental kamera sedang cukup trend. Hal ini dikarenakan ramainya media sosial seperti Instagram, dan kebutuhan masyarakat terhadap kamera juga semakin meningkat. Anda bisa memanfaatkan hal ini sebagai bisnis sampingan. Bisnis ini sangat fleksibel dan tidak menyita waktu. Bisa dilakukan dimana saja, dan kapan saja.

Resiko dari bisnis sewa kamera adalah kerusakan akibat pemakaian. Selain itu, bisa saja ada penyewa yang tidak bertanggungjawab dan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Oleh sebab itu, sangat penting untuk melakukan pengecekan data penyewa. Jika diperlukan, anda bisa meminta fotocopy kartu identitas penyewa, demi alasan keamanan.

4. Jasa Fotocopy

Jasa fotocopy tergolong bisnis yang tak lekang oleh waktu. Karena, tidak semua orang memiliki mesin fotocopy, dan hampir semua orang membutuhkan jasa fotocopy. Untuk anda yang berada di lingkungan perkantoran, sekolah, atau unviersitas, membuka bisnis jasa fotocopy sangat menguntungkan.

Meskipun modal yang dibutuhkan untuk membeli mesin fotocopy cukup besar, namun jika omset anda tinggi modal tersebut akan kembali. Anda bisa memasang tarif Rp. 1000/4 lembar. Kalau dalam 1 hari ada 10 orang pelanggan, dengan masing masing 10 lembar. Sudah ada pemasukan sekitar Rp. 25.000.

Demikian postingan mengenai Ide Bisnis Sampingan Dengan Modal Kecil, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan dikolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel