Panduan Lengkap Setting Pembayaran Google Adsense

Sebagai Ads Network profesional, Google Adsense menawarkan berbagai pilihan pembayaran bagi publishernya. Seperti melalui EFT (Electronic Fund Transfer), transfer kawat, western union, atau melalui Cek. Semua channel pembayaran bisa anda pilih dan sesuaikan dengan keinginan. Jika tidak memiliki rekening bank, anda bisa memilih opsi pembayaran melalui westeren union atau saluran lain.
Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas Panduan Lengkap Setting Pembayaran di Google Adsense. Sebenarnya, banyak metode pembayaran Google Adsense yang bisa digunakan. Tetapi yang populer digunakan publisher Indonesia adalah melalui Western Union dan Wire Transfer.

1. Western Union

Western Union (WU) adalah layanan pengiriman uang yang digunakan diseluruh dunia. Layanan ini telah berkembang luas diindonesia, dan memiliki agen yang cukup banyak. Anda bisa dengan mudah menemukan agen western union didekat rumah, atau disekitar tempat tinggal.
Keunggulan dari melakukan pencairan dana di Western Union adalah proses yang relatif cepat, karena hanya memerlukan KTP (Kartu Tanda Penduduk).

Untuk menarik dana dari Google Adsense melalui western union, terlebih dahulu anda harus mengatur opsi pembayaran. Caranya, masuk ke akun adsense lalu pilih menu "setting" atau dalam bahasa Indonesia "setelan". Lalu, pilih menu "pembayaran" atau "payment", dan klik "Add Payment Method" atau jika dalam bahasa Indonesia "Tambahkan Metode Pembayaran". Klik Western Union, dan klik lanjutkan. Terakhir, simpan pengaturan dan pastikan nama penerima sudah sesuai dengan tanda pengenal (KTP).

Cara Mencairkan Pembayaran di Western Union

Saat penghasilan anda mencapai ambang batas minimum (USD $ 100), secara otomatis Google Adsense akan mengirimkan dana pembayaran ke alamat yang telah ditentukan. Biasanya Google akan mengirim konfirmasi pembayaran beserta nomor MTCN.

Untuk mengambil dana yang dikirim melalui western union, anda cukup datang ke kantor POS atau agen WU terdekat. Jangan lupa untuk membawa KTP atau tanda pengenal lainya. Jangan lupa juga untuk mencatat dan membawa nomor MTCN tadi.

Di kantor POS, anda akan diberi folmulir untuk mencairkan dana. Isi formulir tersebut, secara lengkap lalu serahkan ke petugas. Jika diminta mengisi nama pengirim, cukup isi dengan Google Inc. Isi juga berapa kira-kira uang yang akan dikirim.

Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga anda menerima dana dari Google Adsense.

2. Transfer Kawat (Wire Transfer)

Wire transfer atau transfer kawat merupakan metode pembayaran dengan mengirim dana langsung ke rekening bank anda. Metode pembayaran ini tersedia di Indonesia sejak bulan September 2014.

Wire transfer sendiri merupakan metode pembayaran yang cukup praktis, karena kita tidak perlu repot keluar rumah untuk mengambil dana.

Cara mengatur pembayaran melalui transfer kawat hampir sama dengan western union. Anda cukup login ke akun Adsense, lalu masuk ke "Setting" atau "Setelan". Pilih opsi "Pembayaran", dan pilih "Tambahkan metode pembayaran". Pilih opsi "Transfer Kawat", dan klik tombol "Lanjutkan".

Selanjutnya, anda akan dihadapkan pada form pengisian nama penerima. Isi form tersebut sesuai data rekening bank anda. Seperti nama, nomor rekening, dan kode bank.

Terakhir, klik "Konfirmasi dan lanjutkan".

Untuk memverifikasi bahwa rekening tersebut milik anda, Google Adsense akan mengirimkan uang dalam jumlah kecil. Berkisar antara Rp. 100 - 900. Uang tersebut akan dikirim dalam jangka waktu 1 - 10 hari sejak anda mengganti metode pembayaran.

Selalu cek mutasi di rekening bank anda. Jika sudah, masuk ke akun Adsense dan lakukan verifikasi dengan memasukan jumlah uang yang masuk tersebut.

Jika berhasil, anda sudah mulai bisa menarik pembayaran melalui bank transfer.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel