10 Bahasa Pemrograman Populer Dan Terbaik di Indonesia

10 Bahasa Pemrograman  Populer Dan Terbaik di Indonesia. Keinginan untuk belajar ilmu pemrograman saat ini menjadi daya tarik tersendiri untuk sebagaian orang. Apalagi bagi mereka yang sedang belajar membuat atau mengelolah sebuah situs/blog . Tentunya akan berusaha mengenal, belajar serta menerapkan kode pemrograman tersebut pada situs/blog yang dikelolah. Banyak dari mereka hanya bermodalkan coba-coba saja atau belajar secara otodidak saja, sehingga tidak paham benar tentang bahasa pemrograman yang dipakai. Berbeda dengan pemrograman para yang professional, mereka akan focus ke salah satu bahasa pemrograman saja untuk membuat website atau aplikasi untuk kebutuhan pribadi maupun pesanan dari orang lain.
Bahasa pemrograman adalah sebuah instruksi atau perintah dalam bentuk tulisan dan kode yang terdiri dari banyak garis yang dapat diketahui atau dimengerti oleh komputer, sehingga dapat dijalankan baik secara offline maupun online. Untuk mengusai bahasa pemrograman tidaklah mudah untuk dilakukan karena membutuhkan pembelajaran khusus serta membutuhkan waktu yang panjang. Maka dari itu untuk menggunakan jasa dari mereka yang sudah paham benar tentang bahasa tersebut membutuhkan biaya yang cukup mahal.

Selain untuk kepentingan pribadi, inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi mereka yang ingin mencoba belajar menguasai bahasa pemrograman tersebut. Nah sebelum belajar lebih mendalam lagi, sebaiknya sobat harus terlebih dahulu mengetahui jenis-jenis bahasa pemrograman yang popular & terbaik di Indonesia.

1. JAVA

Awalnya dikembangkan Sun Microsystem tahun 1991 yang kemudian dilepas pada Oracle. Merupakan bahasa yang paling populer dan pertama kali ada dikalangan pemrograman Indonesia, dapat dijalankan pada komputer dan mobile.

Bahasa pemrograman ini memiliki banyak kelebihan diantaranya yaitu dapat berjalan pada system operasi yang berbeda-beda dan tersedia library yang lengkap. Pada umumnya, aplikasi yang ada di playstore proses pembuatannya menggunakan bahasa pemrograman.

2. Bahasa C

Merupakan bahasa pemrograman tertua yang pernah ada, dikembangkan pada tahun 70-an oleh Dennis Ritchie. Di Indonesia bahasa ini hampir sebagian besar perguruan tinggi jurusan IT dan lembaga kursus pemrograman menggunakannya, karena memang wajib untuk dipelajari sebelum mengenal bahasa pemrograman lainnya. Tapi bukan berarti bahasa C adalah pengetahuan dasar, melainkan karena bahasa C adalah awalnya dari semua bahasa pemrograman yang kemudian dikembangkan lagi. Kalau istilahnya bahasa C merupakan bapak nya bahasa pemrogramer lainnya.

3. PHP

Beberapa tahun terakhir ini, bahasa PHP (PHP Hypertext Pre-processor) menjadi popular di Indonesia. Para pemrograman bisa menerapkan bahasa pemrograman php pada website dengan tampilan dinamis seperti wordpress, facebook dan lain sebagainya. Untuk mempelajarinya kita bisa dengan mudah mendapatkannya melalui contoh script yang ada di github.com. Pembuatan bot telegram untuk keperluan pribadi maupun bisnis juga memakai bahasa pemrograman php.

Sejarah singkatnya bahasa pemrograman ini pertama kali dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf yang berasal dari negara Kanada, pada bulan agustus-september tahun 1994. Dari awal diciptakan, bahasa pemrograman php berkembang mulai dari versi 1.0 sampai versi 5.4 yang dipakai sampai sekarang ini.

4. Python

Bahasa pemrograman yang bisa membangun sebuah software aplikasi berbasis web maupun mobile. Walaupun dalam tingkatan bahasa pemrograman termasuk tingkat tinggi, tetapi untuk pemula bisa mempelajarinya karena mudah untuk dibaca dan mudah untuk dipahami syntax nya. Beberapa perusahaan besar memanfaatkan python untuk pengembangan.

5. Visual Basic

Merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa pemrograman ini sesuai dengan namanya menawarkan ide visual dalam pembuatan software untuk system operasi windows. Menurut survey pada tahun 2005, ada 62% developer yang menggunakan visual basic dalam pembuatan softwarenya. Dan hingga sekarang ini di negara Indonesia mencapai puluhan ribu member aktif yang membangun software dengan bahasa pemrograman ini.

6. JavaScript

Bahasa pemrograman yang lebih sering digunakan untuk pengembangan web yang dikembangkan oleh Netscape. Pengguna bahasa JasaScript di Indonesia juga mencapai puluhan ribu orang.

7. Bahasa C++

Merupakan salah satu pengembangan dari bahasa pemrogram C.Dalam penulisan kode untuk C++ dan C hampir mirip, tetapi meskipun demikian ada perbedaan dalam penyelesaian masalah yang akan ditemui nantinya. Nah, umumnya dalam bahasa C penyelesaian masalah adalah dengan cara pembagian ke dalam sub-sub masalah yang lebih kecil atau kita bisa sebut sebagai bahasa pemrograman yang prosedural. Sedangkan untuk penyelesaian masalah pada C++ adalah lebih berorientasi terhadap objek permasalahan yang dibagi dalam kelas –kelas.

Untuk bahasa C++ ini pertama kali dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup. Dengan berjalannya waktu penggunaan nya makin banyak dan semakin populer sehingga digunakan oleh beberapa perusahaan besar, seperti software Adobe, Firefox, Winamp yang menggunakan C++ dalam pengembangannya.


8. Objective-C

Sesuai dengan namanya, bahasa pemrograman ini akan lebih berorientasi pada objek.Pada umumnya bahasa ini, dimanfaatkan untuk keperluan pengembangan aplikasi pada perangkat Apple. Bahkan untuk operasi iOS pun sudah menggunakan bahasa pemrograman dari Objektif-C ini. Bahasa ini masuk dalam deretan kategori Bahasa pemrograman terbaik karena sebanding dengan performa dan kualitasnya untuk membantu pengembangan software.

9. Bahasa C#

Merupakan bahasa pemrograman yang sukses dikembangkan oleh microsoft. Bahasa C# tercipta oleh karena penggabungan dari bahasa C dan C++. Bahasa pemrograman ini paling laris karena memiliki kualitas dan keunikan tersendiri dengan bahasa lainnya. Pemanfaatannya paling banyak pada platform windows.

10. ActionScript

Yang terakhir yaitu bahasa pemrograman ActionScript yang merupakan jenis bahasa yang diciptakan berdasarkan ECMAScript. Biasanya digunakan dalam pengembangan situs web dan software yang memanfaatkan Platform Adobe Flash Player. Untuk sejarah kemunculannya adalah dimulai dari Macromedia yang mengembangkan bahasa pemrograman ini. Namun, untuk saat ini sudah dimiliki dan dilanjutkan proses pengembangannya oleh Adobe, karena pada tahun 2005 Adobe telah membeli Macromedia tersebut.

Bahasa pemrograman ini telah dipakai oleh beberapa aplikasi yang berbasis data seperti halnya Alpha Five. Untuk saat ini versi terbaru dari ActionScript adalah versi 3.0 yang sebelumnya kita kenal dengan Action Script 2.0. Versi terbarunya ini memiliki beberapa keunggulan dari pendahulunya sebelumnya. Salah satunya adalah dengan adanya file di Action Script 3.0 dapat dibuat secara terpisah saat runtime. Di Indonesia bahasa pemrograman yang satu ini cukup populer karena ada banyak ahli perangkat lunak yang memilih berbasis flash yang akan memanfaatkan ActionScript untuk keperluan coding.

Demikian uraian singkat dari jenis-jenis bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh para pemrograman di Indonesia. Semoga dengan informasi tersebut, sobat pembaca yang mempunyai keinginan mempelajari secara mendalam lagi tentang bahasa pemrograman bisa menambah ilmu serta pemahaman melalui artikel ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel