7 Cara Atasi Minimnya Modal Bisnis Online Shop

Berbisnis online shop adakalanya mengalami kesulitan dalam modal. Ini tidak menjadi suatu hal yang asing namun hampir semua bisnis dan bukan hanya bisnis online shop saja yang mengalami minim modal untuk menjalankan usaha. Minimnya modal dapat disebabkan karena banyak faktor antara lain fartor kebangkrutan, selain itu juga faktor dari asal memang sudah minim modal untuk mengembangkan bisnis online shop. Hal ini dapat ditebak dari gaya atau cara dalam mananggulanginya.


Mempunyai modal yang minim tidak  menutup kemungkinan untuk tetap menjalankan bisnis online shop yang memang sudah ditekuni atau diminati. Ada banyak hal yang dapat dilakukan dari saran orang lain atau memang dari inisiatif sendiri. Semua dapat dilakukan asalkan sesuai dan cocok dengan bisnis yang tengah dijalankan. Selain itu, dengan menjalankan kembali bisnis online shop dalam sisa-sisa modal akan lebih menghemat waktu dari pada harus berganti pekerjaan lain bagi yang pekerjaan utamanya di online shop.

Ada banyak langkah yang dapat delakukan untuk mengatasi minimnya modal dalam menjalankan bisnis online shop. Langkah-langkah inilah yang biasanya akan membantu Anda dalam meningkatkan modal, menambah modal kembali dan dapat mempertahakan modal supaya tidak berkurang dan kalaupun bisa diusahakan naik modal. Berikut adalah 7 Cara Untuk Mengatasi Minimnya Modal Dalam Melakukan Bisnis Online Shop.

1. Dekati kerabat serta teman dekat Anda

Mendekati teman dekat atau kerabat tentunya memiliki tujuan tersendiri yaitu untuk meningkatkan modal yang dimiliki. Hal ini dapat dilakukan dengan cara meminta bantuan dalam bentuk sponsor ataupun sekedar meminjam modal kepada motra dan mitra yang dapat diajak bergabung dengan bisnis yang sedang dijalankan. Dengan ini maka akan semakin mudah dalam mencari kepercayaa mitra sehingga akan dengan mudah mendapatkan modal kembali.

Selain hal diatas, fungsi mitra adalah untuk membantu mengembangkan bisnis online shop yang tengah dijalankan tanpa mengurangi modal yang ada dan nantinya modal akan bertambah bila ada pelanggan yang kebetulan membeli produk melalui mitra bisnin. Hal demikian dapat dilakukan serta mudah dan tidak perlu memikirkan harus mengembalikan uang yang dipinjam. Sehingga modal akan meningkat dengan sendirinya tanpa harus mengeluarkan sedikit pun untuk biaya pemasaran atau pengembangan.

2. Cari Relasi Bisnis

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mengatasi minimnya modal adalah dengan mencari bisnis sampingan dengan bekerja sebagai kliennya. Dari sini dapat juga sekaligus mengembangkan bisnis dengan modal yang sedikit menggunakan sisa-sisa modal yang ada. Dengan demikian maka modal akan kembali lebih dari hasil relasi bisnis yang telah dilakukan. Jika melakukan relasi bisnis dapat meningkatkan sekitar dua kali modal awal, maka hal ini sangat relevan untuk dilakukan tanpa harus merugikan pihak yang direlasikan.

Selain itu, dengan melakukan relasi bisnis jelas akan menguntungan Anda karena dengan ini jelas akan lebih mudah mengetahui seluk-beluh bisnis lain dengan mengambil sisi positifnya untuk diterapkan pada bisnis yang tengah dijalankan. Dengan ini maka bisnis yang dijalankan akan semakin bagus dan tentunya pelanggan akan semakin banyak dan modal akan bertambak perlahan.

3. Gunakan Tempat Usaha

Tempat usaha adalah hal yang paling cocok untuk dijadikan langkah dalam mengatasi minimnya modal bisnis online shop. Tempat usaha sama halnya dengan lahan tempat dimana Anda memasarkan produk.

Dengan mempunyai tempat usaha tersendiri otomatis akan semakin mudah untuk mengembangkan bisnis online shop karena tanpa harus menjalankan juga sudah banyak para pelanggan yang melihat produk yang ditawarkan sehingga tidak perlu lagi menghabiskan banyak modal dalam memasarkan produk. Dengan demikian maka produk akan laku dengan sendirinya dan modal akan utuh atau bahkan produk laku terjual maka modal akan bertambah.

Namun, dalam menggunakan tempat usaha hendaknya harus memperhatikan web yang memang sangat baik digunakan sebagai toko online shop. Jangan gunakan web yang sederhana ataupun web yang tidak layak pakai karena dengan ini justru produk Anda akan dinilai sebagai produk yang rendahan.

Disamping itu, desain dalam tempat bisnis juga perlu diperhatikan, jangan hanya asal membuat saja namun usahakan desain dalam beranda menarik dan memikat para pelanggan sehingga pelanggan akan mudah tertarik untuk membeli L produk yang ditawarkan.

Dengan menggunakan tempat usaha inilah cara yang efektif tanpa harus menghabiskan banyak modah namun dengan ini justru akan mendapatkan kentungan serta menambah modal dari adanya penjualan produk yang dipasarkan.

4. Tidak Mempekerjakan Staf

Pada saat kondisi modal minim maka hal yang perlu diperhatikan adalah jangan mempekerjakan staff, dengan ini maka jelas akan mengurangi sistem pengeluaran dan mempertahankan modal. Namun jika terpaksa dan Anda tidak bisa untuk memberhentikan staf maka lakukanlah bagi hasil, hasil selanjutnya digunakan untuk menambah modal dan kemudian hari akan mengganti seluruh bagi hasil dari staf.

Mempekerjakan staf memang akan meringankan pekerjaan dan akan semakin mengembangkan bisnis online shop, namun dengan ini justru akan berdampak pada pengeluaran yaitu untuk gaji staf yang harus dikeluarkan. Sehingga secara tidak sengaja juga akan mengurangi modal yang ada.

Akan tetapi, ada hal yang dapat dilakukan tanpa harus memberhentikan staf yaitu dengan cara membagi hasil. Sistem ini seperti sistem dimana server menampung besar setengah gaji terlebih dahulu untuk kemudian hari dapat dimintanya lagi. Hampir seperti menabung namun bedanya ini hasil dari gaji dan langsung kepada server ataupun owner. Dengan demikian maka tidak perlu lagi takut kehabisan modal.

5. Pakai Media Gratisan

Ini juga merupakan salah satu langkah untuk mengatasi minimnya modal berbisnis online. Dengan menggunakan media serba gratisan tentunya tidak perlu repot mengluarkan uang untuk biaya media. Dengan hal ini maka modal setidaknya akan tetap utuh atau bahkan dapat naik suatu saat dari hasil penjualan.

Media gratisan yang dapat dipakai serta bermanfaat untuk mengembangkan bisnis adalah semacam blog baik blogspot ataupun wordpress tanpa berbayar. Dengan ini maka akan mudah mengembangkan produk kepada masyarakat serta akan cepat dikenal karena dua situs tersebut sudah tidak asing lagi bagi masyarakat.

6. Cari Pekerjaan Sampingan

Selain hal-hal diatas, langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi minimnya modal adalah mencari pekerjaan sampingan. Dengan ini maka gaji daripada pekerjaan sampingan tersebut dapat digunakan untuk menambah modal dalam  usaha bisnis online shop yang tengah dikerjakan tanpa harus memberhentikan bisnis online shopnya karena dapat juga bisnis online shop dijadikan sebagai pekerjaan sampingan yang lumayan mudah dan menghemat tenaga.

7. Gunakan Program Pertolongan Modal Usaha

Langkah terakhir jika memang sudah tidak ada jalan keluar lagi adalah engan menggunakan program pertolongan modal usaha seperti program penyedia modal, koperasi simpan pinjam, bank atau yang lain yang sekiranya dapat dijamin keamanannya dan pasti.

Dengan ini maka modal akan bertambah cepat dan dapat digunakan langsung namun disamping itu kelemahannya yakni harus memikir ulang bagaimana untuk mengembalikan setelahnya. Sehingga ini jelas harus membutuhkan dua kali pemikiran yaitu memikirkan cara untuk mengembangkan bisnis serta cara untuk mengembalikan pinjaman.

Demikian sekilas uraian tentang cara dalam mengatasi minimnya modal dalam berbisnis online shop. Semoga artikel ini bermanfaat serta dapat membantu para pembaca. Sekian dan terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel