Kumpulan Kata-Kata Bijak Terbaru Part I

Kumpulan Kata-Kata Bijak Terbaru. Terkadang kita sebagai manusia membutuhkan kata-kata bijak dalam menjalani pahit manis nya kehidupan ini. Baik itu secara pribadi maupun dengan lingkungan sekitar kita. Untuk itu pada postingan artikel ini, saya akan berbagi kata-kata bijak yang dikumpulkan dari beberapa sumber.
Demi kenyaman pembaca, saya akan membagikan kata bijak terbaru dalam beberapa bagian. Tujuannya agar supaya pembaca tidak merasa bosan karena terlalu panjang.

Dibawah ini merupakan rangkuman kata bijak terbaru bagian I yang disediakan khusus untuk pengunjung blog ini.

Saat berada pada situasi sulit, saya minta Tuhan membantu saya. Namun, kewajiban sayalah untuk melayani Tuhan, dan bukan kewajiban­Nya untuk melayani saya. Segera setelah mengingatnya, beban saya menjadi ringan.

Bayangkan saja tujuan kehidupanmu hanyalah kebahagiaanmu, maka kehidupan akan menjadi kejam dan tak berperasaan. Kau harus mendekap kebijaksanaan kemanusiaan, kecerdasanmu, maka hatimu akan memberitahumu: bahwa makna kehidupan adalah melayani daya yang mengirimmu ke dunia. Maka kehidupan pun akan menjadi kegembiraan yang terus-menerus.

Orang baik saling menolong bahkan tanpa menyadari bahwa mereka melakukannya, sedangkan orang jahat saling menentang secara sengaja.

Setiap orang memiliki beban. Tak seorang pun bisa hidup tanpa dukungan orang lain; oleh karenanya kita harus saling mendukung dengan saling menenangkan, mengingatkan, dan memberi nasihat.

Kadang kerusakan akibat perkataan kita terlihat jelas dan kadang tidak, tapi kerusakan itu tidak lebih kecil dibandingkan ketidakmampuan kita melihat mereka yang menderita akibat perkataan kita.

Luka tembak bisa disembuhkan, tapi luka karena perkataan tak akan pernah sembuh.

Saat mendengar orang membicarakan kejahatan orang lain, jangan dengan senang hati ikut membicarakannya. Saat mendengar niat buruk orang lain, jangan dengarkan sampai akhir dan cobalah melupakan apa yang sudah kau dengar. Saat mendengar nilai-nilai baik orang lain, ingat ingatlah dan sampaikan kepada orang lain.

Jangan dengarkan perselisihan, tapi berupayalah untuk tidak terlibat dengannya.

Takutlah menghancurkan kesatuan orang dengan menyulut perasaan buruk diantara mereka satu sama lain karena perkataanmu.

Berusaha melakukan kebaikan adalah penting, tapi berusaha menghindarkan diri dari kejahatan bahkan lebih penting.

Menahan diri harus menjadi kebiasaan dalam hidup; hal itu harus mendukung standar moralmu. Bagi ia yang berteguh dalam kebaikan, tak ada yang tak bisa ditaklukkannya.

Berikan setidaknya setengah energimu untuk membuatmu terbebas dari harapan kosong, dan segera saja kau akan lihat bahwa dengan melakukannya kau akan menerima pemenuhan serta kebahagiaan yang jauh lebih besar.

Tuhan menguji semua orang, yang satu dengan kekayaan, yang lain dengan kemiskinan. Orang kaya diuji apakah akan mengulurkan tangan untuk membantu mereka yang membutuhkan; orang miskin diuji apakah akan menanggung semua penderitaan tanpa rasa tidak puas dan kepatuhan.

Aku menyebut orang yang mampu menghentikan kemarahan, yang pergi secepat kereta tercepat, sebagai pengasuh kuda yang tepat. Orang lain tak punya kekuasaan; mereka hanya memegang tali kekang.

Tak peduli berapa banyak kali kau berusaha menang atas nafsumu, jangan menyerah. Tiap upaya itu akan memperlemah kekuatan nafsu dan menjadikanmu makin mudah menaklukkannya.

Kebaikan diperlukan dalam hubungan dengan orang lain. Kalau kau bukan orang baik, kau tidak memenuhi kewajiban utamamu.

Kau harus menghargai orang lain, tak peduli semenyebalkan atau sekonyol apa mereka. Kau harus ingat bahwa dalam diri semua orang terdapat semangat yang sama dengan yang hidup dalam diri kita.

Jangan bersikap kejam terhadap mereka yang sedang diuji, tapi cobalah menenangkan mereka, seperti kau ingin dibuat tenang.

1. Jangan tunda sampai esok apa yang bisa kaulakukan hari ini.
2. Jangan paksa orang lain melakukan apa yang bisa kau lakukan sendiri.
3. Harga diri lebih bernilai daripada makanan, minuman, tempat bernaung, dan pakaian.
4. Kita sangat menderita karena memikirkan apa yang mungkin terjadi, tapi tidak karena apa yang sebenarnya terjadi.
5. Kalau kau tidak bisa mengontrol kemarahan, hitunglah sampai sepuluh sebelum mengatakan apa pun. Kalau belum tenang, hitunglah sampai seratus, dan kalau belum tenang juga setelahnya, hitunglah sampai seribu.

Makin baik dan bijaksana seseorang, makin banyak kebaikan yang dapat ditemukannya dalam diri orang lain.

Kebaikan memperkaya kehidupanmu; dengan kebaikan, hal misterius menjadi jelas, hal sulit menjadi mudah, dan hal membosankan menjadi menyenangkan.

Pengetahuan menjadi pengetahuan sejati hanya bila didapatkan lewat kecerdasan, bukan ingatan, kita.

Hanya ketika kita lupa apa yang diajarkan kepada kitalah kita mulai memiliki pengetahuan sejati.

Aliran pemikiran yang terus-menerus diungkapkan oleh orang lain bisa menghentikan dan melemahkan pemikiran serta inisiatifmu sendiri.... Itulah sebabnya pemelajaran terus-menerus memperlemah otakmu.... Menghentikan upaya pikiranmu sendiri untuk memberi ruang bagi pemikiran dari buku lain mengingatkanku akan ucapan Shakespeare tentang rekannya yang menjual tanah untuk melihat negara lain.

Suatu pemikiran bisa menggerakmajukan kehidupanmu di arah yang benar hanya ketika hal itu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh jiwamu. Pemikiran yang dipinjam dari orang lain dan diterima oleh pikiran serta ingatanmu tidak benar-benar memengaruhi kehidupanmu, dan kadang menuntun ke arah yang salah.

Bacalah lebih sedikit, belajarlah lebih sedikit, tapi berpikirlah lebih banyak. ­Hanya pelajari, baik dari guru maupun buku yang kaubaca, hal­-hal yang benar-benar kau perlukan dan ingin ketahui.

Dasar semua pendidikan adalah penetapan hubungan kita dengan awal mula segala sesuatu, dan kesimpulan tentang perilaku kita yang bisa ditarik darinya.

Saat membesarkan anak kita, kita harus ingat bahwa kita adalah penjaga masa depan. Dengan meninggikan pendidikan mereka, kita meninggikan masa depan umat manusia, masa depan dunia ini.

Saya rasa kewajiban utama orangtua dan pendidik adalah memberi anak-­anak pemahaman akan awal mula Ilahi yang ada dalam diri mereka.

Pengajaran agama adalah dasar semua pendidikan.

Kesempurnaan itu mustahil tanpa kerendahan hati, ”Kenapa saya harus berusaha mencapai kesempurnaan kalau saya sudah cukup baik?”

Makin tinggi posisi yang kau tempati dibanding orang lain, harusnya makin rendah hatilah dirimu. Banyak orang hidup dalam posisi tinggi dan keagungan, tapi misteri dunia ini hanya bisa diungkap oleh mereka yang rendah hati. Jangan mencari hal yang rumit. Jalani kewajibanmu dengan rasa hormat. Jangan pelajari apa yang tak boleh kau pelajari. Ada lebih banyak hal yang sudah terungkap daripada yang bisa kau pelajari.

Sejumlah teman memujimu, yang lain menyalahkan serta mengkritikmu; mendekatlah pada mereka yang menyalahkanmu dan menjauhlah dari mereka yang memujimu.

Saat anak panah tidak mengenai sasaran, sang pemanah menyalahkan diri sendiri, bukan orang lain. Orang bijak berperilaku serupa.

Ingatlah semua hal buruk yang telah kau lakukan dan berusahalah menghindari melakukan hal buruk lagi. ­Hanya mengingat niat baik akan menghalangi kelakuan baikmu pada masa depan.

Ada orang yang mengambil tanggung jawab membuat keputusan bagi orang lain dan menentukan hubungan mereka dengan Tuhan serta dunia; dan ada orang, sebagian besar dari mereka, yang menyerahkan kewenangan itu kepada orang lain serta secara membuta meyakini segala sesuatu yang dikatakan kepada mereka. Kedua kelompok ini melakukan kejahatan yang sama besar.

Orang harus menggunakan warisan spiritual yang diterimanya dari orang kudus dan bijak dari masa lalu, tapi ia harus menguji segala sesuatu dengan akalnya, hanya menerima beberapa hal tertentu dan menolak yang lain.

Setiap orang harus mendefinisikan bagi dirinya sendiri sikap terhadap dunia ini dan Tuhan.

Iman adalah pemahaman akan makna kehidupan dan penerimaan akan kewajiban serta tanggung jawab mereka yang terkait dengannya.

Siapakah orang baik itu? ­anya orang yang memiliki imanlah yang baik. Apa itu iman? Iman adalah ketika keinginan Anda sejalan dengan nurani dunia serta kebijaksanaan dunia.

Kita hanya perlu melakukan satu hal: menyerahkan diri kita ke dalam tangan Tuhan, apa pun takdir paripurna kita. Biarkan terjadi apa yang semestinya terjadi. Apa yang akan terjadi pastilah baik.

Mereka bilang Hari Penghakiman akan datang dan Tuhan akan murka. Namun, Tuhan yang baik tidak bisa membawa apa pun selain kebaikan. Jangan takut: hari akhir akan penuh kegembiraan.

Akan baik bila kebijaksanaan punya kualitas yang bisa dialirkan dari orang yang penuh kebijaksanaan ke orang lain yang tidak memilikinya, seperti halnya dua bejana yang saling terhubung mengalirkan air dari yang satu ke yang lain sampai permukaannya sama tinggi. Masalahnya, untuk mendapatkan kebijaksanaan, kau harus melakukan upaya serius dan mandiri.

Kalau kau bisa mengajari orang kebaikan dan cinta, tapi tidak melakukannya, kau kehilangan saudara.

Perbaiki jiwamu, dan yakinlah bahwa dengan melakukannya kau bisa berkontribusi pada perbaikan masyarakat lebih luas, tempat kau menjadi bagiannya.

Seorang cendekiawan tahu banyak buku; seseorang yang berpendidikan baik punya pengetahuan dan keterampilan; seseorang yang tercerahkan memahami makna serta tujuan kehidupannya.

Ilmu pengetahuan yang berbeda-beda jumlahnya tak terbatas, tapi tanpa satu pengetahuan dasar, yaitu makna kehidupan dan apa yang baik bagi orang, semua bentuk pengetahuan serta seni menjadi hiburan yang tak berguna serta berbahaya.

Kita hidup dalam kehidupan tanpa kepekaan, bertentangan dengan pemahaman kehidupan oleh orang terbijak sepanjang masa. Hal ini terjadi karena generasi muda kita dididik dalam cara yang salah, mereka diajari banyak ilmu pengetahuan, tapi tidak diajari makna kehidupan.

Satu­-satunya ilmu pengetahuan sejati adalah cara orang harus menjalani kehidupan. Pengetahuan ini terbuka bagi semua orang.

Surga dan bumi itu abadi. Keduanya abadi karena tidak ada bagi dirinya sendiri. Dengan cara sama, orang yang benar-benar suci tak hanya hidup bagi dirinya sendiri, karenanya bisa menjadi abadi dan meraih apapun.

H­anya ada satu hukum, baik dalam kehidupan pribadi maupun sosial: kalau ingin memperbaiki jiwamu, kau harus siap mengorbankannya.

Peningkatan diri manusia bisa diukur dengan tingkat kebebasan batinnya. Semakin seseorang terbebas dari kepribadiannya, semakin bebas dia.

Kematian serta kelahiran adalah dua batasan, dan hal yang serupa itu tersembunyi di balik masing-masing.

Saat memikirkan apa yang akan terjadi dengan jiwamu setelah kematian, pikirkan juga apa yang terjadi dengan jiwamu sebelum kelahiran. Kalau berencana pergi ke suatu tempat, berarti kau berasal dari tempat tertentu.

Ke mana kita setelah meninggal? Kita pergi ke tempat asal kita. Tak ada yang bisa disebut diri kita di tanah itu; oleh karenanya, kita tidak ingat apa yang terjadi pada diri kita di sana.

Saat seseorang menjalani kehidupan yang baik, ia merasa bahagia dengan saat sekarang dan tidak memikirkan apa yang akan terjadi setelah kehidupan ini. Kalau memikirkan kematian, ia melihat seberapa baik kehidupannya terbentang, dan meyakini bahwa setelah kematian segala sesuatu akan sebaik sekarang. Jauh lebih baik percaya bahwa segala sesuatu yang dibiarkan Tuhan terjadi pada kita adalah baik daripada percaya pada semua kenikmatan surga.

Orang tidak perlu terlalu memikirkan apa yang akan terjadi setelah kematian. Ikutilah keinginan mereka yang mengirim kita ke dunia ini; keinginan itu ada dalam pikiran dan hati kita.

Demikian kata-kata bijak terbaru part I, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca. Silahkan dibagikan, apabila sobat merasa bermanfaat untuk orang lain.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel