Kumpulan Kata-Kata Bijak Terbaru Part II

Berikut dibawah ini merupakan Kumpulan Kata-Kata Bijak Terbaru Part II.
Jangan malu dengan kesalahanmu. Tak ada yang bisa mengajari kita dengan lebih baik dibandingkan pemahaman kita akan kesalahan kita. Itulah salah satu cara terbaik untuk mendidik diri sendiri.

Sepertinya pekerjaan terpenting di dunia adalah pekerjaan yang kasatmata, yang bisa kita lihat: membangun rumah, membajak tanah, memberi makan ternak, memanen buah; dan pekerjaan yang tak kasatmata, pekerjaan yang dilakukan jiwa kita, tidaklah penting. Namun, pekerjaan tak kasatmata untuk perbaikan jiwa merupakan pekerjaan terpenting di dunia, dan pekerjaan kasatmata lainnya hanya akan berguna kalau kita melakukan pekerjaan utama ini.

Di antara semua dosa, ada satu yang benar-benar bertentangan dengan anugerah utama kehidupan, yaitu cinta kepada saudaramu: tak ada dosa yang lebih buruk dibandingkan menghancurkan kegembiraan utama dalam kehidupan, dengan merasakan amarah dan benci terhadap saudaramu.

Seneca, seorang bijak dari Roma, berkata saat kau ingin lari dari amarahmu, saat kau merasakan hal itu tumbuh, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah berhenti. Jangan lakukan apa pun: jangan berjalan, jangan bergerak, jangan bicara. Kalau tubuh atau lidahmu bergerak pada saat seperti ini, amarahmu akan memuncak.

Amarah sangatlah berbahaya bagi semua orang, tapi paling berbahaya bagi orang yang mengalaminya. Orang jahat merusak tak hanya orang lain, tapi juga dirinya.

Musuhmu akan membalasmu dengan amarah, membuatmu menderita, tapi kerusakan terbesar bagimu akan disebabkan oleh amarah dan kebencian yang bercokol dihatimu. Bukan ayah, ibu, atau semua anggota keluargamu yang bisa membuatmu merasa lebih baik, tapi hatimu, ketika memaafkan serta melupakan penyalahgunaannya.

Amarahmu tidak bisa dibenarkan oleh apa pun. Alasan amarahmu ada dalam dirimu.

Tak ada yang tahu ke mana ras manusia mengarah. Oleh karenanya, kebijaksanaan tertinggi adalah mengetahui ke mana kau harus mengarah untuk mencapai kesempurnaan.

Orang bijak mencari kebijaksanaan; orang gila mengira ia telah menemukannya.

Bukan tempat yang kita diami yang penting, tapi arah yang kita tuju.

Tindakanmu harus ditentukan, bukan oleh hasrat orang-orang di sekelilingmu, tapi oleh kebutuhan seluruh umat manusia.

Ada pengetahuan dasar yang penting bagi setiap manusia; sebelum seseorang mencapai pengetahuan dasar ini, semua jenis pengetahuan akan berbahaya baginya.

Sokrates berkata kepada murid-muridnya bahwa dalam sistem pendidikan yang bagus, ada batasan tertentu yang tidak bisa dilanggar. Di geometri, katanya, cukuplah mengetahui cara mengukur tanah saat kau ingin menjual atau membelinya, atau cara membagi warisan, atau membagi pekerjaan di antara pekerja. Ia tidak suka terlalu banyak pengetahuan canggih; walaupun ia mengetahui semuanya. Menurutnya, pengetahuan canggih membutuhkan upaya ekstra yang merenggut waktu murid dari tujuan manusia yang paling dasar serta penting: kesempurnaan moral.

Alihkan pandanganmu dari dunia kebohongan. Jangan percayai perasaanmu. Hanya dalam dirimu sendiri, hanya dalam dirimu yang tak terpengaruh perasaan pribadi, kau bisa menemukan keabadian.

Lebih baik mengetahui beberapa aturan dasar kehidupan daripada mempelajari banyak ilmu pengetahuan tak berguna. Aturan utama kehidupan akan menghentikanmu dari perbuatan jahat dan menunjukkan jalan kebaikan dalam kehidupan; tapi pengetahuan akan banyak ilmu pengetahuan yang tidak penting bisa mengarahkanmu ke godaan harga diri, serta menghentikan langkahmu untuk memahami aturan dasar kehidupan.

Orang kaya tidak bisa berbelas kasih. Kalau ia benar-benar berbelas kasih, ia akan segera kehilangan kekayaannya.

Berhentilah merampok orang lain sebelum kau memberikan uang kepada pengemis. Dengan tangan yang sama yang merampok orang, kita memberi kepada orang lain, memberikan kepada orang miskin uang yang kita ambil dari orang yang bahkan lebih miskin lagi. Lebih baik tidak beramal daripada melakukan amal seperti ini.

Contoh terbaik kekejaman kehidupan orang kaya adalah upayanya menjadi bermoral tinggi.

Cinta terhadap orang lain memberikan rasa senang yang sejati, dan menyatukanmu dengan orang lain serta Tuhan.

Orang bijak mengasihi bukan karena menginginkan keuntungan darinya, tapi karena ia menemukan kebahagiaan dalam kasih itu sendiri.

Jangan menyesalkan masa lalu. Apalah guna penyesalan? Kebohongan mengatakan kau harus menyesal. Kebenaran mengatakan kau harus dipenuhi cinta. Dorong semua kenangan sedih darimu. Jangan bicara tentang masa lalu. Hiduplah dalam cahaya cinta maka segala sesuatu akan diberikan kepadamu.

Mereka bertanya kepada seorang pria China, ”Apa itu ilmu pengetahuan?” Jawabnya, ”Ilmu pengetahuan adalah mengenal orang lain.” Lalu, mereka bertanya, ”Dan apa itu nilai moral?” Dia menjawab, ”Nilai moral adalah mencintai orang.”

Seperti halnya seorang ibu menempatkan kehidupannya dalam risiko untuk menjaga dan menyelamatkan anak satu-satunya, begitu pula semua orang harus menjaga dan menyelamatkan dalam dirinya cinta bagi semua makhluk hidup.

Ketiadaan rasa takut, ketenangan, kedamaian batin, dan kegembiraan yang diberikan kepada kita oleh cinta sangatlah besar sehingga segala sesuatu di dunia tidak bisa dibandingkan dengannya, terutama bagi orang yang memahami anugerah sejati cinta.

Kelihatannya saja kita berbeda dari satu sama lain. Bunga di pohon yang mekar bisa mengira dirinya berbeda, tapi semua bunga adalah bagian dari pohon apel yang sama, dan semua berasal dari satu biji.

Kita hidup dalam periode waktu singkat di dunia, tapi kita hidup menurut hukum kehidupan abadi.

Tunduk terhadap hukum yang diciptakan manusia menjadikan seseorang seperti budak; kepatuhan pada hukum yang diciptakan Tuhan menjadikan seseorang bebas.

Kebijaksanaan adalah mengetahui tujuan kehidupan, dan mengetahui cara mencapainya.

Kau bisa meraih kebijaksanaan lewat tiga cara. Cara pertama adalah meditasi. Inilah cara terluhur. Cara kedua adalah peniruan. Inilah cara termudah dan paling tidak memuaskan. Ketiga, ada cara pengalaman. Inilah cara tersulit.

Kualitas baik seseorang bukanlah pada pengetahuan yang dimilikinya, tapi usaha yang dikerahkannya untuk meraihnya.

Kalau ingin mempelajari diri sendiri, lihatlah hati orang lain. Kalau ingin mempelajari orang lain, lihatlah hatimu sendiri.

Jiwamu adalah hakim dan tempat pelarianmu. Jiwamu sendiri adalah hakim tertinggimu.

Pada masa lampau, saat orang ingin membunuh beruang, mereka menggantungkan batang kayu berat di atas semangkuk madu. Beruang itu akan mendorong kayu untuk mendapatkan madu. Batang kayu itu akan berayun ke belakang dan menghantam si beruang. Beruang pun merasa terganggu dan mendorong kayu itu lebih keras, yang akan berbalik serta menghantamnya lebih keras lagi. Hal ini terus berlangsung sampai batang kayu itu membunuh si beruang. Orang berperilaku sama saat membalas kejahatan yang diterimanya dari orang lain. Tak bisakah kita bersikap lebih bijak daripada beruang?

Kau harus merespons kejahatan yang dilakukan terhadapmu dengan kebaikan, dengan demikian kau akan menghancurkan dalam diri orang jahat kesenangan yang diterimanya dari setan.

Ajaran cinta yang sejati itu kuat; hal itu membunuh setan sebelum setan bisa tumbuh dan menjadi kuat.

Hanya orang yang benar-benar kasar yang menetapkan hukum agama untuk dimanfaatkan oleh orang lain, yang harus diterima orang lain dengan iman, tanpa diskusi atau keraguan.

Sungguh aneh! Banyak bajingan berusaha menyamarkan niat busuk mereka dengan berdedikasi pada kepentingan agama, atau moral tinggi, atau rasa cinta pada ibu pertiwi.

Semoga bermanfaat untuk sobat pembaca. Untuk kumpulan kata-ata bijak lainnya bisa dilihat dalam blog ini dengan kata kunci Kata Bijak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel