Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan. Tanaman bayam merah tersebar di daerah tropis dan subtropics di seluruh dunia. Bayam adalah herbal atau tanaman tahunan dengan tinggi 60-120 cm, perakaran serabut dengan percabangan di atas bagian tengah. Amaranthus tricolor sangat erat kaitannya dengan spesies Amaranthus spinosus, A. hybridus dan A. dubius.
Di Indonesia sendiri bayam dapat tumbuh sepajang tahun dan ditemukan pada ketinggian 5–2.000 m dpl, tumbuh di daerah panas dan dingin, tetapi tumbuh lebih tumbuh subur di dataran rendah pada lahan terbuka yang udaranya agak panas. Daun bayam digunakan sebagai sayuran dikukus dalam bentuk sup. Bagian lain, tanaman bayam, batang, biji dan akar dapat direbus dan diminum untuk kesehatan. Hal ini merupakan salah satu alasan mengapa bayam menjadi perhatian dan menjadi daya tarik tersendiri karena kualitas gizi dan efek kesehatannya.


Bayam Merah Mempunyai Kandungan Nutrisi dan Senyawa Bioaktif 

  1. Bayam merah mengandung zat nutrisi Protein, Lemak, Karbohidrat, dan Asam amino.
  2. Bayam merah kaya akan mineral (kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga dan mangan) dan vitamin (vitamin A, vitamin B6, vitamin C, riboflavin dan folat).
  3. Bayam merah mengandung asam linoleat dalam biji (49%) dan batang (46%) dan asam linolenat daun (42%), sedangkan asam lemak jenuh utama dalam biji, batang, dan daun adalah asam palmitat sekitar 18-25% dari total asam lemak. Daun dewasa mengandung pigmen merah-violet, para betacyanin amaranthin dan isoamaranthin.
  4. Penapisan senyawa bioaktif fitokimia menunjukkan adanya alkaloid, flavonoid, glikosida, tanin, protein dan asam amino.
  5. Flavonoids (betacyanins A and B, amaranthin, isoamaranthin and quercetin).
  6. Steroids (spinasterol, cholesterol, campestrol, 24 methylene cholesterol, stigma sterol, β-sitosterol, fucosterol and isofucosterol)
  7. Proteins and asam amino (proline, cysteine, tryptophan, leucine, asam glutamic, arginine, lysine, histidine, methionine, phenyl-alanine, isoleucine, tyrosine, threonine, valine).
  8. Asam lemak ( asam falmitat, asam linoleik, asam lignoceric dan asam archidic)


Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan

  1. Tricolor Amaranthus Linn. (Famili Amaranthaceae) umumnya dikenal dengan nama Lal Chaulai atau Joseph’s Coat Amaranth dilaporkan mempunyai nilai obat yang baik dalam sistem pengobatan tradisional.
  2. Amarantus tricolor Linn merupakan tanaman obat dari famili Amaranthaceae, telah digunakan untuk pengobatan wasir, kandung kemih, tertekan (distress), kelainan darah, sakit gigi, dan disentri dan bahkan sebagai astringent, diuretik, perdarahan dan agen hepatoprotektif.
  3. Bayam merah juga mempunyai efek sebagai antioksidan dan antibacterial (berbagai organisme yang digunakan adalah bakteri Gram positif (Bacillus subtilis dan Staphylococcus aureus) dan bakteri Gram negatif (Klebsiella phuemoniae, Escherichia coli, Pseudomonas aeurginosa Salmonella typhi).
  4. Secara etno botani, herbal bayam digunakan sebagai pembersih darah, tonik pada penyakit buang air, sebagai ascaricide, dalam sakit gigi, sakit tenggorokan, batuk dan bronkitis.
  5. Akar, daun dan batang yang dimakan pada gangguan empedu dan digunakan sebagai obat pencuci perut.
  6. Akar dan biji digunakan dalam keputihan, impotensi, terhadap kolik, gonore, eksim dan memiliki sifat galactagogue.
  7. Rebusan akar dicampur dengan Cucurbita pepo Linn, digunakan untuk mengontrol perdarahan setelah aborsi.

Beberapa contoh penggunaan bayam merah untuk kesehatan diantara disajikan sebagai berikut :

Disentri, Wasir & Diare

Bahan :
  • Akar bayam merah 10 batang
  • Garam secukupnya
Cara pembuatan :
  • Batang akar bayam merah dicuci sampai bersih.
  • Tumbuk sampai halus, tambahkan garam halus seujung sendok teh sambil diaduk rata., lalu disaring dan diambil airnya (jadikan 1 gelas minum)
  • Disaring dan diambil airnya
  • Air hasil saringan diminum

Tuberkulosis pada kelenjar

Bahan :
  • 30-60 g akar bayam duri segar atau seluruh tumbuhan
  • Air dan Arak secukupnya
Cara Pembuatan :
  • Cuci bersih akar bayam duri
  • Rebus hingga mendidih dalam air yang sudah dicampur arak secukupnya.
  • Setelah dingin, minum ramuan hingga habis.

Keputihan

Bahan :
  • 30-60 g akar bayam duri segar
  • Gula batu secukupnya
  • 3 gelas air
Cara Pembuatan :
  • Cuci bersih akar bayam, kemudian rebus hingga mendidih dan tambahkan gula batu secukupnya.
  • Tunggu hingga air rebisan tersisa sekitar 1 gelas.
  • Setelah dingin, saring air rebusan dan minum hingga habis.
Demikian informasi tentang Manfaat Bayam Merah Untuk Kesehatan, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel