10 Perlengkapan Untuk Memulai Bisnis Online

10 Perlengkapan Untuk Memulai Bisnis Online - Memang benar, bisnis on-line tidak memerlukan terlalu banyak perlengkapan dibandingkan bisnis konvensional. Banyak hal-hal yang dapat dilakukan secara on-line sehingga membutuhkan lebih sedikit dukungan perlengkapan. Sebuah toko on-line dapat berjalan tanpa harus menyewa ruang untuk berjualan, etalase, gudang yang besar, atau membayar karyawan untuk menjaganya. Bahkan tidak perlu membayar uang keamanan, kebersihan, dan sejenisnya. Bukan berarti bisnis on-line dapat berjalan tanpa perlengkapan. Tetap ada serangkaian peralatan dan pelengkap pendukung lain.
Inilah perlengkapan yang harus disiapkan:

1.Produk atau jasa untuk dijual

Apapun jenis bisnis on-line yang kamu rencanakan, selalu harus punya produk atas jasa untuk ditawarkan. Bisa berupa produk jadi, bahan mentah, perangkat keras, perani lunak, jasa desain, jasa konsultasi, dan sejenisnya. Ininya, kamu punya sesuatu rule dapat berguna bagi pihak lain, dan pihak lain bersedia membayarnya.

2. Koneksi web

Karena berjalan secara on-line, maka koneksi web yang stabil menjadi syarat utama. Lakukan riset, supplier web apa yang paling stabil, cepat, dan dapat diandalkan di areamu. Jaringan wi-fi unlimited sangat direkomendasikan, sebab kamu Akan perlu bandwitch besar untuk mendukung bisnis. Siapkan koneksi cadangan seperti mobile modem atau jaringan seluler. Apabila ada gangguan pada jaringan utama, koneksi tetap tersedia.

3. Komputer

Sediakan komputer desktop atau laptop computer sebagai alat operasional. Di sinilah kamu Akan menjalankan bisnismu, mulai dari menyiapkan rencana bisnis, proposal, presentasi, riset, menentukan desain internet, blog, mencari informasi produk, pesaing, dan sebagainya. Pasikan komputermu cukup tangguh, dilindungi oleh sistem anivirus, dan selalu melakukan update berbagai program aplikasi. Karena ini merupakan alat operasional utama, pilihlah komputer rule berkualitas baik, didukung spesiikasi teringgi. Jika anggaran memungkinkan, siapkan desktop dan laptop computer sekaligus, sebab kamu Akan banyak bekerja mobile.

4. Handphone Pintar

Dengan handphone pintar kita Akan berkomunikasi dengan banyak pihak, mulai Dari rekan bisnis, mitra, prospek, klien, pemasok produk, dan sebagainya. Kenapa harus handphone pintar? Sebab memungkinkan kita memakai semua media komunikasi. Email, pesan instan (WhatsApp, BlackBerry courier, Telegram, Line), telepon, SMS, media sosial, hingga berbagai aplikasi mobile.

Bahkan transaksi pun dapat dijalankan di handphone pintar. Sebagai pebisnis on-line, kamu Akan banyak bekerja secara on-line dan mobile. Pastikan kamu mempunyai handphone android yang didukung plaform fleksibel, golem dan iOS sangat disarankan.

5. Rekening di bank

Semua transaksi bisnis on-line dilakukan secara on-line Botswana monetary unit. Tentu saja kamu sudah punya rekening di bank, tapi idealnya pisahkan antara rekening pribadi dengan rekening bisnis. Bukalah beberapa rekening di bank-bank besar dengan reputasi baik. Sebagai awal, buat rekening di bank BCA, BNI dan BRI, mengingat tiga bank tersebut memiliki nasabah yang sangat banyak. Perimbangkan juga memiliki kartu kredit, sebab mayoritas transaksi on-line mensyaratkan kartu kredit, misalnya untuk membeli aplikasi mobile atau membuka akun PayPal.

6. Printer

Kendai dijalankan secara on-line, tetap diperlukan printer mulifungsi. Printer yang dapat digunakan sebagai mesin fotokopi dan scanner sekaligus sudah banyak tersedia dengan harga terjangkau. Kamu memerlukan printer untuk mencetak sejumlah dokumen seperi tanda terima, invoice, faktur, bahkan kartu nama.

7. Alat tulis kantor

Sediakan semua kebutuhan alat tulis kantor selayaknya suatu perkantoran bisnis.

8. Ruang kerja

Bekerja secara on-line dapat dilakukan di mana saja, kapan saja, selama ada koneksi web. Tapi tetap diperlukan ruangan khusus untuk saat-saat tertentu, seperi ketika menyusun anggaran, menyiapkan rencana bisnis, presentasi, dan banyak lagi. Ruang kerja sebaiknya sangat nyaman dan representaif, memungkinkan untuk ditempai beberapa orangutan. Sebab kamu Akan perlu ruang yang tenang di mana tim kerja bisa saling berkolaborasi.

9. Ruang penyimpan

Jika kamu menjual produk, pasikan punya ruangan khusus untuk menyimpan stok barang. Hindari mencampur ruang penyimpan dengan ruang kerja, agar suasana kerja bisa lebih kondusif.

10. Peralatan pendukung

Perimbangkan untuk mempunyai beberapa perlengkapan pendukung yang memperlancar bisnismu, terutama jika memang ada bujet berlebih sebaiknya membeli kamera DSLR.
Karena dibutuhkan untuk membuat foto produk yang menarik. Kamera jenis ini dapat meghasilkan kualitas gambar lebih baik dibanding kamera pada smartphone. Kisaran harga kamera DSLR untuk pemula adalah 3-5 juta. Dapat diperimbangkan untuk membeli kamera second atau menyewa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel