Cara Membuat Blog Terlengkap Dan Termudah

Cara Membuat Blog Terlengkap Dan Termudah - Blog dapat diartikan sebagai versi lain dari website, yang biasanya berisi pemikiran dari penulis itu sendiri. Selain sebagai tempat menyalurkan hobi, blog juga bisa dijadikan ladang untuk mencari penghasilan. Karena itulah, banyak orang yang tertarik untuk menjadi seorang blogger.

Membuat sebuah blog sebenarnya cukup mudah. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform blogging yang tersedia, baik gratis maupun berbayar.
Untuk anda yang berencana membuat sebuah blog, berikut pembahasanya.

Cara Membuat Blog Dengan Blogger

Blogger adalah platform blogging milik Google.com. Blogger merupakan layanan gratis. Artinya, anda bisa ngeblog dengan bebas tanpa dipungut biaya sekalipun. Blogger juga cukup mudah digunakan, karena tidak memerlukan pemahaman terhadap bahasa pemrograman tertentu.
Kelebihan lainya, blogger juga mudah dioptimasi dan telah digunakan banyak orang dari seluruh dunia.

Blog yang dibangun menggunakan Blogger.com biasanya berdomain https://namablog.blogspot.com. Tetapi, Google juga menyediakan layanan custom domain untuk menggunakan domain TLD seperti .com, .net, atau ekstensi lain.

Kekurangan dari Blogger sendiri adalah terbatasnya fitur yang disediakan. Anda juga tidak bisa menginstal berbagai plugin seperti di Wordpress.org.

Cara membuat blog menggunakan platform blogger cukup mudah. Pertama, pastikan anda memiliki akun Google (Gmail). Selanjutnya, masuk ke Blogger, lalu klik tombol Buat Blog. Anda akan diminta untuk login menggunakan akun Google.

Tahap berikutnya, masukan username yang akan digunakan. Nantinya, username ini akan tampil pada postingan blog. Setelah itu, klik tombol Buat Blog Baru, dan isi data yang dibutuhkan. Pada bagian judul, isi dengan judul blog. Jangan khawatir, judul ini bisa anda ganti kapan saja.

Begitupun pada bagian Alamat, isi dengan url blog yang diinginkan. Jika url tersebut sudah digunakan orang lain, alternatifnya anda bisa menambahkan angka atau tanda strip (-).

Tahap selanjutnya adalah memilih tema/template blog. Pilih tema sesuai selera, jika merasa kurang pas anda bisa menggantinya nanti.
Terakhir, klik tombol Buat Blog.

Selamat, blog anda sudah jadi dan siap digunakan.

Cara Membuat Blog dengan Wordpress.org

Sama seperti Blogger, Wordpress juga merupakan platform blogging yang cukup populer. Wordpress sendiri memiliki dua versi, yakni Wordpress.com dan Wordpress.org.
Wordpress.com merupakan layanan ngeblog yang sangat mirip dengan Blogger. Dimana anda bisa ngeblog secara gratis, tanpa membayar biaya sepeserpun. Namun, akan ada iklan yang tampil pada blog.

Yang akan kita bahas kali ini adalah Wordpress.org. Seperti yang kita ketahui, Wordpress.org merupakan CMS (Content Management System) yang cukup populer saat ini. Kelebihan dari Wordpress.org adalah kita bisa menginstal berbagai plugin, dan memodifikasi blog dengan lebih leluasa.

Kekuranganya, meskipun Wordpress.org dapat diunduh secara gratis, tetapi butuh biaya untuk menyewa server (hosting) dan domain.

Untuk membuat blog menggunakan Wordpress.org sebenarnya cukup mudah. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menginstal Wordpress.org, salah satunya dengan bantuan Softaculous.

Langkah pertama, silahkan anda login terlebih dahulu ke cPanel. Selanjutnya, cari Softaculous. Disana anda akan dihadapkan pada pilihan CMS yang bisa diinstal, lalu pilih Wordpress.org.dan klik Install Now.

Berikutnya, anda akan diminta melakukan konfigurasi seperti pilihan protokol, domain, dan sebagainya. Anda juga akan diminta membuat username dan password, yang akan digunakan untuk masuk ke Wordpress.org.

Terakhir, tunggu proses instalasi selesai dan Wordpress sudah siap digunakan. Untuk masuk ke halaman dashboard Wordpress, anda bisa mengakses http://namadomain.com/wp-admin.

Demikian informasi mengenai Cara Membuat Blog Paling Mudah, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan dikolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel