Wajib Tau, Inilah Fungsi Berbagai Menu Pada Dashboard Blogspot

Fungsi Menu Pada Dashboard Blogspot - Blogger merupakan platform blogging yang pertama kali diciptakan oleh Pyra Labs, sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Keunggulan dari Blogger adalah bisa digunakan secara gratis tanpa biaya sepeser pun. Jadi, anda tidak perlu repot memikirkan biaya untuk menyewa hosting dan domain, karena sudah disediakan oleh Blogger.
Untuk meningkatkan kenyamanan penggunanya, Blogger memiliki menu yang cukup lengkap. Baik itu menu yang bersifat standar, seperti untuk membuat dan mengedit postingan, membuat halaman, hingga menu untuk melakukan optimasi pada blog.

Lebih lengkapnya, berikut adalah informasi mengenai Fungsi Menu Pada Dashboard Blogspot.

Lihat Blog

Menu pertama berada di pojok kanan atas yang bertuliskan 'Lihat Blog'. Sesuai namanya, menu ini berfungsi untuk melihat tampilan blog anda.

Postingan

Di menu ini, anda bisa mengelola postingan pada blog. Baik itu yang sudah terbit, atau postingan yang masih disimpan dalam draft.

Entri Baru

Menu selanjutnya adalah 'Entri Baru'. Menu ini berfungsi untuk membuat postingan baru pada blog.

Statistik

Statistik merupakan menu untuk memantau trafik/lalu-lintas pengunjung blog. Di menu ini, terdapat sub-menu lain seperti Ikhitisar, Postingan, Sumber Lalu-lintas, dan Pemirsa.

Ikhitisar, untuk memantau statistik terbaru dari blog.

Postingan, untuk melihat jumlah PV (Page View) pada setiap postingan.

Sumber Lalu-lintas, untuk mengetahui darimana pengunjung kita.

Pemirsa, untuk melihat data lengkap pengunjung. Seperti negara asal, browser, OS, dan data lainya.

Komentar

Komentar dari para pengunjung juga merupakan sesuatu yang penting, agar blog kita menjadi lebih baik. Untuk itu, Blogger menyediakan fitur khusus untuk mengelola komentar pengunjung. Di menu ini, terdapat beberapa sub-menu seperti Diterbitkan, Menunggu Moderasi, dan Spam.

Diterbitkan, merupakan sub-menu yang didalamnya memuat komentar pengunjung yang telah terbit di blog anda.

Menunggu Moderasi, berisi komentar yang masih memerlukan persetujuan anda agar dapat tampil di blog.

Spam, memuat komentar yang dianggap SPAM/Sampah.

Halaman

Halaman biasanya digunakan untuk membuat laman pendukung seperti Privacy Policy, Disclaimer, Term of Service, Contact Us, dan halaman pendukung lainya. Menu 'Halaman' juga memiliki sub-menu lain seperti Semua, Draft, Diimpor, dan Diterbitkan.

Tata Letak

Tata letak/Layout merupakan menu yang berfungsi mengatur tata letak pada blog. Seperti menambah/menghapus widget, memasang script tertentu, atau keperluan lain.

Tema

Selain konten yang menarik, tema/template juga bisa mempengaruhi kualitas blog anda. Karena itu, menentukan template yang tepat sangat penting untuk meningkatkan kualitas blog.
Menu 'Tema' sendiri berfungsi untuk mengatur tema/template pada blog.

Anda bisa mengedit template secara lengsung melalui 'Edit HTML' atau mengupload file template melalui tombol 'Backup/Pulihkan'.

Setelan

Menu terakhir yang terdapat pada dashboard Blogspot adalah 'Setelan'. Menu ini berfungsi untuk melakukan pengaturan pada blog. Setelan juga memiliki cukup banyak sub-menu seperti Dasar, Postingan, komentar, dan berbagi, Email, Bahasa dan Pemformatan, Prefensi Penelusuran, Lainya, dan Setelan Pengguna.

Dasar, berisi pengaturan dasar pada blog. Seperti judul, deskripsi, privasi, pengelola blog, dan setelan lainya.

Postingan, Komentar, dan Berbagi, untuk mengatur jumlah postingan pada setiap halaman, mengatur komentar, dan lain-lain.

Email, melakukan pada email.

Prefensi Penelusuran, berfungsi untuk melakukan pengaturan yang berhubungan dengan mesin pencari. Seperti robot.txt atau Google Search Console.

Lainya, menu untuk mengeksport/import konten, menghapus blog, dan menu tambahan lain.

Demikian informasi mengenai Fungsi Menu Pada Dashboard Blogspot, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan dikolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel