Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan - Mentimun (Cucumis sativus L.) merupakan sayuran yang penting dan salah satu anggota yang paling populer dari famili Cucurbitaceae. Mentimun (Cucumis sativus L) merupakan tanaman yang telah dibudidayakan secara luas.
Di Indonesia tanaman mentimun ditanam di daerah daratan rendah dan dataran tinggi pada ketinggian 200-800 m dpl. Mentimun (Cucumis sativus L.) dikenal dengan nama lain timun (Jawa), bonteng (Sunda), atau cucumber (Inggris), termasuk dalam famili Cucurbitaceae.

Kegunaan mentimun antara lain untuk mentimun segar (dipilih buah yang berwarna hijau gelap dengan ukuran buah panjang) dan untuk bahan dasar acar (diplih buah yang berwarna hijau terang dengan ukuran buah pendek).

Kandungan Nutrisi dan Senyawa Bioaktif
  1. Buah mentimun sebagian besar terdiri dari air; lebih dari 96% buah dikupas dimakan adalah air. Kandungan lainnya adalah karbohidrat, protein, vitamin, mineral, asam amino, pitosterol, asam fenolik, asam lemak, cucurbitacins, dan stigmasterol
  2. Buah mentimun mengandung protein (5120-142.772 ppm), asam lemak jenuh tidak tunggal (30-759 ppm), asam lemak tiak jenuh ganda (510-12,911 ppm), karbohidrat (29.100-736.709 ppm), dan serat kasar (6.000-151.896 ppm).
  3. Buah mentimun mengandung Vitamin niasin, asam pantotenat, thiamin, vitamin B6, alpha tokoperol, beta karoten, dan vitamin C.
  4. Buah menitumun mengandung mineral natrium, sulur, magnesium, mangan, bes, kalsium, tembaga, dan zeng. Selain itu, juga mengandung asam-asam amino esensial.
  5. Asam lemak utama dalam mentimun adalah asam palmitat (23,6-27,5%), asam linoleat (22,7-26,3%), dan asam linolenat (40-46%).
  6. Buah mentimun mengandung glikosida, steroid, flavonoid, terpenoid, dan tanin

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

  1. Buah mentimun dapat digunakan untuk menurunkan Tekanan Darah tinggi hipertensi), sebagai anti kanker, meringankan Sakit Asam Urat dan Rematik, menyembuhkan demam, sebagai anti diabetes, dapat menurunkan kadar Kolesterol, dan menyegarkan kelopak mata.
  2. Buah mentimun dapat digunakan sebagain anti implamasi dan antibakteri.
  3. Buah mentiumn dapat digunakan sebagai masker wajah yang mengandung sari mentimun bermanfaat untuk mengencangkan kulit.
  4. Parutan mentimun atau jus mentimun dapat digunakan sebagai unsur utama masker wajah untuk mengobati keriput, jerawat dan masalah kulit lainnya
  5. Manfaat seagai antioksidan dan anti-inflamasi: Ketimun merupakan sumber nutrisi antioksidan konvensional termasuk vitamin C, vitamn A, beta-karoten, flavonoid, dan mangan. Ekstrak segar dari mentimun telah terbukti memberikan manfaat sebagai antioksidan mencegah radikal bebas. Ekstrak mentimun segar juga telah terbukti mengurangi peradangan yang tidak diinginkan.
  6. Mentimun mengandung serat kasar yang berfungsi untuk membantu mengurangi susah buang besar (sembelit) dan mengurangi gangguan pencernaan lainnya.
  7. Mengurangi kolesterol. Sebuah senyawa yang disebut sterol di mentimun membantu mengurangi kolesterol jahat dan bersama-sama serat kasar mengurangi kadar kolesterol
  8. Bagian ujung mentimun terasa pahit karena mengandung kukurbitasin C, yaitu suatu zat yang berkhasiat mengningkatkan kekebalan tubuh, mencegah hepatitis, dan gangguan lever.
  9. Perawatan skin: Kehadiran beberapa vitamin seperti A, B, dan C, kadar air yang tinggi dan berbagai mineral seperti kalium, magnesium atau silikon membuatnya menjadi bagian penting dari kulit perawatan.
  10. Bermanfaat untuk gigi dan gusi: jus mentimun terbukti sangat bermanfaat dalam menyembuhkan gigi dan masalah gusi. Jus mentimun umumnya digunakan untuk menyeimbangkan kerusakan yang disebabkan oleh cokelat.

Beberapa contoh kasiat dan cara pemakaian mentimun untuk kesehatan:
Deman
Bahan :

  • Mentimun secukupnya

Cara Pembuatan :

  • Cuci mentimun hingga bersih, kemudian parut.
  • Tempelkan hasil parutan di perut


Hipertensi/Darah Tinggi
Bahan :

  • 2 buah mentimun segar

Cara Pembuatan :

  • Cuci mentimun hingga bersih kemudian parut.
  • Peras hasil parutan dan saring.
  • Minum ramuan sekaligus 2-3 kali sehari


Menyegarkan dan Mencerahkan Kelopak Mata
Bahan :

  • 2 iris mentimun

Cara Pembuatan :

  • Cuci bersih buah mentimun, kemudian iris.
  • Tempelkan irisan pada kedua kelopak mata dan biarkan selama 20-30 menit


Jerawat
Bahan :

  • Mentimun secukupnya

Cara Pembuatan :

  • Cuci mentimun hingga bersih, kemudian iris-iris.
  • Tempel dan gosokkan irisan mentimun pada kulit yang berjerawat.
  • Lakukan setiap hari


Demikian informasi penting tentang Mentimun, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca. Jangan lupa bagikan ke teman-teman, saudara dan keluarga kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel