Tips Memilih Niche Blog Yang Tepat

Tips Memilih Niche Blog Yang Tepat - Memilih niche yang tepat sangat diperlukan agar blog bisa berkembang. Pemilihan niche yang salah, berpotensi menghambat perkembangan blog, atau bahkan gagal. Sayangnya, menentukan niche sebelum membangung sebuah blog sering dianggap sebagai hal spele. Padahal, hal tersebut sangat penting.
Sebelum membahas lebih lanjut, "niche" adalah sebuah kata dari bahasa Inggris yang artinya adalah topik. Secara umum, blog sendiri memiliki dua jenis niche. Yakni niche campuran dan niche fokus. Sesuai namanya, niche campuran merupakan blog yang memiliki banyak topik bahasan. Blog seperti ini juga sering kita sebut dengan blog gado-gado.

Sedangkan niche fokus, merupakan blog yang fokus terhadap satu topik bahasan saja. Seperti teknologi, pendidikan, bisnis, tutorial, atau sejenisnya.

Semua niche memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Niche campuran sendiri cenderung lebih mudah dikelola dibandingkan blog yang fokus terhadap satu niche saja.

Anda bebas menentukan, apakah ingin membangun blog dengan topik/niche campuran, atau fokus terhadap satu topik saja. Jika masih bingung, berikut adalah Tips Memilih Niche Blog Yang Tepat.

Pilih Topik Yang Anda Kuasai

Tips pertama dan yang paling penting adalah pilih niche yang benar-benar anda kuasai. Dengan demikian, anda akan lebih mudah dalam membuat konten serta mengelola blog. Jangan memilih niche hanya karena memiliki nilai CPC tinggi, padahal anda tidak berkompeten dibidang tersebut.

Pakar SEO seperti mas Darmawan (PanduanIM) juga sepakat bahwa blogger khususnya yang baru disarankan untuk memilih niche yang dianggap menarik, dan ia kuasai.

Memaksakan dalam memilih niche bisa menjadikan proses pembuatan konten semakin sulit, imabasnya konten yang dihasilkan kurang maksimal, dan blog akan sepi pengunjung.
Untuk itu pastikan anda memilih niche yang benar-benar anda sukai dan kuasai. Jika suka terhadap perkembangan teknologi, tidak ada salahnya membangun blog dengan tema teknologi. Seperti review gadget, dan sebagainya. Begitupun jika anda menyukai dunia bisnis, cobalah untuk membangung blog dengan topik bisnis.

Jangan Ikut-ikutan

Seperti yang saya tulis sebelumnya, jangan memilih niche blog hanya karena memiliki nilai CPC tinggi, atau ikut-ikutan orang lain. Hal ini dikarenakan, setiap orang memiliki keahlian dan kelebihan masing-masing.

Saat seseorang sukses dengan sebuah niche, hal tersebut belum tentu dapat terjadi pada anda. Bagitupun sebaliknya.

Hindari Memilih Niche Yang Rentan

Niche rentan yang saya maksud adalah topik rawan pelanggaran. Usahakan untuk tidak memilih niche download, h4cking, perjudian, atau topik ilegal lainya. Selain berpotensi menimbulkan pelanggaran hukum, niche tersebut juga akan menyulitkan anda saat mendaftar ke program Adsense. Mengingat, Google Adsense menerapkan kebijakan yang ketat terhadap topik blog penggunanya.

Pilih Niche Abadi

Tips selanjutnya, anda bisa memilih niche abadi. Maksud dari niche abadi adalah topik yang akan selalu dicari. Keuntungan dari niche ini adalah kita bisa mendapatkan trafik/pengunjung yang stabil.

Selain niche abadi, anda juga bisa memilih niche yang sedang trending/viral. Kelebihan dari niche ini adalah potensi mendapatkan banyak pengunjung. Kekuranganya, jumlah pengunjung akan menurun seiring berjalanya waktu.
Untuk mencari niche yang sedang trending, anda bisa memanfaatkan bantuan dari Google Trends atau tools lainya.

Kesimpulanya, menentukan niche yang tepat sangat penting dilakukan sebelum membangun sebuah blog. Niche yang tidak tepat, akan menghambat perkembangan blog anda, terutama saat membuat konten. Kecuali jika anda memiliki penulis untuk membuat konten.

Demikian postingan mengenai Tips Memilih Niche Blog Yang Tepat, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan dikolom komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel