3 Cara Mengetahui Berita Yang Lagi Viral

Cara mengetahui informasi yang lagi viral atau konten viral yang sedang dibicarakan masyarakat ternyata sangat penting. Apalagi untuk mereka yang memakai internet sebagai media berbisnis, konten viral sanggup menjadi salah satu bagian dari internet marketing atau menemukan inspirasi untuk mengisi artikel blog.
Untuk mengetahui topik informasi yang lagi viral ternyata dapat diketahui melalui indikator penelusuran keyword atau kata kunci.

1. Mengandalkan Google Alerts

Google Alerts sendiri ialah layanan pemberitahuan yang akan mengirimkan surel atau email berupa halaman web atau informasi terbaru. Pemberitahuan ini dikirim melalui email atau umpan web (web feed) dimana ada enam tipe layanan Alerts News, Blog, Web, Comprehensive, Video dan Group.

Melalui layanan New Alerts dari Google Alerts ini Anda akan mendapat 10 konten informasi terbaru yang masuk dalam 10 besar hasil pencarian di Google News. Sedangkan pada layanan Web Alerts, pengguna akan mendapat halaman web yang masuk dalam 20 besar hasil pencarian di Google Web.

Cara mengetahui informasi yang lagi viral dengan mengandalkan Google Alerts ini sangat mudah. Pengguna hanya mengunjungi link melalui https://www.google.com/alerts?hl=id. Melalui link ini Anda mengetikkan topik informasi apapun yang sedang Anda ingin ketahui. Pengguna juga akan mendapat demografi yang lebih spesifik dari topik yang diinginkan tersebut. Setelah melaksanakan pencarian, pengguna akan menerima notifikasi untuk berlangganan topik-topik terbaru terkait informasi atau judul kata kunci yang dikirimkan ke email.

2. Mengetahui Konten Viral dengan Buzzsumo.com

Selain memakai Google Alerts, cara mengetahui informasi yang lagi viral di media sosial juga memakai Buzzsumo.com. Situs ini menampilkan kumpulkan konten informasi yang sedang viral, baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Disini juga menyediakan fitur pro yang dapat menampilkan konten viral yang lebih lengkap.

Untuk memakai tools ini, Anda hanya mengunjungi situs www.buzzsumo.com. Pada halaman pertama website ini Anda mengetikkan keyword apa yang ingin Anda ketahui. Buzzusumo.com akan menampilkan konten-konten viral yang terkait dengan topik yang Anda inginkan. Para blogger biasanya memakai situs ini untuk menemukan inspirasi artikel untuk blog mereka.

3. Memanfaatkan Facebook untuk Mengetahui Berita Trending

Facebook sebagai media sosial yang banyak dipakai, dan ternyata facebook dapat dimanfaatkan untuk mencari topik informasi yang sedang viral atau trending. Bagaimana caranya? Yaitu memanfaakan fitur Graph Explorer yang ada di Facebook. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mencari informasi atau topik yang sedang trending terkait topik yang ingin Anda ketahui.

Untuk memakai fitur Graph Explorer cukup mudah, Anda tinggal masuk ke link developer.facebook.com. Pada halaman pertama situs ini, kemudian masuk ke opsi “Graph Explorer”. Selanjutnya pilih  “Get Access Token”. Disini Anda dapat mengambil “Page ID” dan dimasukkan ke Graph Explorer.

Dengan cara tersebut Anda dapat mengambil informasi viral dari page besar yang memang sudah mempunyai banyak like. Ambil Page ID dari page tersebut dan masukkan ke Graph Explorer. Selanjutnya Anda dapat menemukan konten-konten informasi mana yang paling banyak dibagikan. Untuk melihat postingannya, Anda hanya klik link postingannya untuk melihat konten tersebut.

Demikian itulah beberapa cara untuk mengetahui konten yang sedang trending. Pastinya Anda dapat memanfaatkan cara mengetahui informasi yang lagi viral diatas secara gratis tanpa harus membayar biaya bulanan, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel