#10 Aplikasi Terbaik Untuk Bisnis Online

Teknologi yang canggih kini sudah merambah di semua bidang termasuk bisnis. Bukan hanya dengan hadirnya toko online atau e-commerce, saat ini ada banyak aplikasi terbaik untuk memaksimalkan bisnis online. Intinya sobat bisa melakukan berbagai hal dengan lebih cepat yang tentunya akan lebih menguntungkan. Karena ada istilah pengusaha, waktu adalah uang.
Tak bisa kita pungkiri, teknologi dapat mempermudah setiap orang untuk melakukan kegiatan bisnis yang mudah dan cepat.  Contohnya dulu kita hanya bisa berkomunikasi secara offline saja, dimana kegiatan ini membutuhkan waktu yang sangat lama seperti kirim surat. Tapi saat ini hanya dalam hitungan menit saja, pesan yang kita kirim melalui aplikasi chatting bisa tersampaikan.

Bagi mereka yang suka berbisnis, komunikasi yang lebih cepat dan mudah ini jelas adalah poin lebih. Paling tidak, transaksi bisa dilakukan lebih cepat dan meminimalisasi kesalahan. Order yang diterima juga bisa lebih banyak. Dari sisi internal, koordinasi maupun perencanaan juga lebih matang karena jalur komunikasi yang mudah dan lancar.

Dengan teknologi bisa juga dapat meningkatkan penjualan sehingga hal ini berperan besar bagi pebisnis. Salah satunya untuk mempromosikan produk lewat media sosial atau untuk mendapatkan pembeli dengan jangkauan lebih luas. Terbukti banyak pebisnis online yang telah lahir sejak era dunia digital berkembang secara pesat beberapa tahun belakangan.

Kalau saat ini sobat masih di fase awal merintis usaha maka saat yang tepat untuk memanfaatkan berbagai kemudahan teknologi untuk mengembangkan bisnis tersebut. Sobat bisa memanfaatkan aplikasi yang didapatkan secara gratis dengan cara diunduh lewat smartphone atau laptopmu untuk melakukannya.

Jangan salah! Aplikasi bisnis online tidak melulu soal promosi lewat media sosial saja namun semua aspek bisa dilakukan dengan sentuhan teknologi. Misalnya saja sobat belum mampu membayar desainer profesional, sobat bisa mencari aplikasi desain grafis secara online untuk membantu pekerjaan tersebut. Atau memakai aplikasi akuntansi untuk penyusunan laporan keuangan bisnis.

Membayangkan jadi pebisnis sepertinya ribet, ya. Banyak hal yang harus dipikirkan sementara belum punya banyak asisten atau karyawan untuk mengambil alih sebagian pekerjaan. Padahal, sekarang banyak lho aplikasi bisnis online terbaik yang akan sangat membantu sobat sekalian dalam menjalankan suatu bisnis.

Sebagai enterpreneur yang berasal dari milenial yang internet savvy, sobat jelas harus memanfaatkan berbagai aplikasi untuk mempermudah kegiatan usaha. Para developer jelas tidak membuat aplikasi untuk alasan yang sia-sia namun guna hasil yang lebih baik dalam kehidupan termasuk berbisnis.

Bukan hanya untuk menjalankan bisnis online bahkan bisnis konvensional juga bisa memanfaatkan aplikasi online untuk membuat hidup sobat lebih mudah. Berikut rekomendasi aplikasi bisnis online terbaik yang sederhana dan mudah digunakan:

1.  Quickbooks

Rekomendasi pertama yaitu aplikasi pelaporan keuangan yang khusus ditujukan bagi usaha kecil dan menengah. Dengan Quicbooks, semua urusan pencatatan keuanganmu dapat dibereskan dalam satu aplikasi saja.

Aplikasi ini memang tidak gratis namun sangat menghemat waktumu dalam menyusun laporan akuntansi setiap bulannya. Selain itu, aplikasi ini tersedia dalam beberapa mata uang berbeda. Penggunannya juga akan diberikan panduan agar segera bisa menguasai aplikasi ini dengan cepat.

Selain Quickbooks, sebenarnya ada juga aplikasi Money Lover ataupun Google Spreadsheet yang bisa digunakan untuk kepentingan pencatatan keuangan.

2.  Sirclo

Siapa bilang bikin website untuk jualan itu susah dan susah pula mengoperasikannya. Dengan Sirclo, kamu tinggal pakai template web dan jalankan jual-beli dengan sangat mudah. Sobat bisa memanfaatkan aplikasi dari Sirclo untuk membuat website online.

Selain itu, Sirclo juga bisa membantumu untuk menjual produkmu di semua marketplace besar dengan masuk ke jalur distribusi online. Dengan demikian, sobat bisa meraih target market di semua marketplace dengan efektif dan tentunya efisien.

3.  Canva

Jasa desain grafis relatif masih mahal bagi usaha kecil yang baru dirintis. Padahal saat ini nyaris semua promosi butuh desain yang unik dan menarik untuk menggaet pembeli. Daripada kamu menawar dengan harga sadis atau dapat desainer asal sebaiknya kamu memanfaatkan aplikasi Canva untuk kebutuhanmu.

Kalau tak mau susah-susah belajar Adobe Photoshop, Canva siap membantumu bikin poster, kartu ucapan, infografik dan sebagainya dengan fitur-fitur mudahnya. Promo-promo produkmu di media sosial akan semakin menarik. Kamu juga bisa menjajal berbagai aplikasi sejenis antara lain PicMonkey, VSCO Cam, dan PhotoGrid.

4.  Hootsuite

Sosial media adalah kanal promosi utama di era terkini. Namun tak jarang pemilik bisnis pusing harus mengelola banyak akun sosial media untuk usahanya. Duh, ada Facebook, Instagram, Twitter, pusing mengelola semuanya sendiri!

Sobat bisa mendapatkan solusinya dengan aplikasi bisnis online terbaik untuk manajemen konten. Hootsuite akan menyulapnya jadi mudah dengan mengelola semua media sosialmu sekaligus dalam satu aplikasi. Layanan ini membantu perusahaan untuk menggunakan media sosial berupa situs yang dapat digunakan untuk meluncurkan kampanye pemasaran, mengidentifikasi dan menambah khalayak, dan menyampaikan pesan yang ditargetkan di beberapa saluran media.

Aplikasi lain yang punya fungsi serupa antara lain Buffer, MailChimp, Fanspage Manager

5.  OneNote

Apa pun kegiatan bisnismu, sobat pasti butuh corat-coret ketika ada ide atau untuk merencanakan banyak hal. Dengan aplikasi OneNote, kamu bisa mencatat, menyisipkan gambar, dan menambahkan tautan. Tak perlu lagi ke mana-mana membawa buku atau kertas untuk menyimpan ide atau rencana bisnismu.

Kelebihan lainnya, aplikasi dari Microsoft ini jelas lebih ringkas dan ramah lingkungan. Program ini digunkan untuk mengolah catatan pengguna, gambar, kliping layar dan komentar audio. Kamu juga bisa membagi catatan yang sobat buat dengan internal misalnya rekan kerja atau investormu.

Aplikasi bisnis lain yang serupa seperti Evernote dan Google Keep

6.  Trello

Rekomendasi aplikasi bisnis online terbaik berikutnya adalah Trello yang merupakan task management tools. To-do-list jadi tidak membosankan dengan menggunakan Trello. Sobat bisa mengatur pekerjaanmu dari yang belum dilaksanakan, sedang dalam proses, maupun yang sudah selesai.

Aplikasi ini bisa diakses lewat android, IOS, dan website. Penggunaannya akan membantumu mengatur jalannya usaha dan apa saja yang harus dikerjakan. Terbukti sejumlah perusahaan besar telah menjadi pengguna aplikasi ini seperti Adobe dan KickStarter.

Sobat juga bisa mencoba aplikasi lain dengan fungsi yang hampir mirip seperti Asana dan Wunderlist.

7.  Raja Ongkir

Sistem belanja online saat ini memperketar persaingan termasuk pula soal ongkos kirimnya. Pelanggan ini sebisa mungkin mendapatkan harga paling murah baik untuk produk maupun ongkirnya. Demi pelanggan, tawarkan ongkos kirim barang termurah dari perusahaan ekspedisi terpercaya.

Raja Ongkir yang akan bertugas menampilkan ongkos kirim dari semua kurir seperti JNE, Pos Indonesia, TIKI, ESL Express, PCP, dan RPX. Dengan demikian, sobat bisa memberikan pilihan bagi konsumen untuk memilih sendiri kurirnya lengkap dengan ongkosnya yang valid.

8.  Aplikasi mobile banking

Biar tidak perlu panik lari-lari ke ATM cuma untuk mengecek transfer dari pembeli, kamu wajib punya aplikasi mobile banking. Hampir semua bank sudah punya fasilitas ini, misalnya BCA Mobile, Mandiri Online, BNI Mobile Banking, dan lain-lain.

Sobat bisa pilih bank yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk jadi tujuan transfer. Memiliki beberapa mobile banking sekaligus juga bukan hal yang buruk jika memang membantu bisnismu.

Aplikasi keuangan lainnya seperti OVO, Go-Pay, Dana dan SPIN.

9.  Aplikasi chatting

Fast response dengan pelanggan adalah salah satu faktor terpenting untuk memperoleh kepercayaan pelanggan. Miliki semua aplikasi yang memudahkanmu untuk berdiskusi dengan pelanggan dari WhatsApp, LINE, Telegram, hingga Facebook Messenger.

10.  Aplikasi Marketplace

Aplikasi satu ini boleh jadi wajib, ya. Apalagi jika sobat baru saja memulai bisnis. Produkmu akan lebih mudah ditemukan pembeli dengan berjualan di marketplace seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee, atau Blibli. Beberapa konsumen juga merasa lebih aman bertransaksi di marketplace sehingga daya tarik jualanmu juga lebih besar.

Semoga rekomendasi aplikasi bisnis online terbaik di atas bisa membantu sobat sekalian. Sukses selalu!

Belum ada Komentar untuk "#10 Aplikasi Terbaik Untuk Bisnis Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel